5 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah istilah yang cukup sering dilontarkan beberapa tahun terakhir ini. Tapi, apa sih kesehatan mental itu? Apakah kamu sudah benar-benar mengerti?

Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan pikiran dan jiwa kita secara keseluruhan. Pada dasarnya, kesehatan dan kesejahteraan psikologis kita. Ini melibatkan bagaimana perasaan kita tentang diri sendiri, bagaimana kita mengelola perasaan, bagaimana kita menghadapi situasi sulit, bagaimana kualitas hubungan kita dengan diri sendiri dan orang lain, juga banyak hal lain.

Ketika kita stres atau sedih, kita mungkin tidak berada di tempat terbaik, secara mental dan psikologis. Walaupun demikian, kita bisa melakukan beberapa hal yang akan menghilangkan stres dan membantu kita menjaga pikiran dengan baik.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

1. Bertemu tatap muka dengan orang lain

Akhir-akhir ini banyak dari kita secara konstan menghabiskan waktu di depan layar gadget. Sehingga, bertemu tatap muka dengan orang lain menjadi hal yang jarang terjadi. Yuk coba hindari penggunaan teknologi yang berlebihan. Alih-alih, kita bisa menjalin interaksi dengan orang lain. Ngobrol, saling berbagi tawa, dan saling menceritakan pengalaman bisa menjadi mood booster yang luar biasa.

2. Beraktivitas secara rutin

Jika kamu adalah pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran, kamu pasti sering menghabiskan waktu duduk di atas kursi. Bahkan mungkin, satu hari penuh kamu habiskan dengan cara duduk di belakang meja dan mengerjakan kewajiban yang ada di sana. Coba deh cari waktu untuk berdiri dari kursi dan menggerakkan badan sedikit-sedikit. Kamu juga bisa keluar rumah untuk berjalan-jalan sebentar. Lakukan apa saja yang bisa membuatmu tidak memikirkan hal-hal seputar pelajaran dan/atau pekerjaan. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin telah terbukti bisa membantu seseorang punya kualitas tidur dan memori otak yang lebih baik, serta bisa melepaskan rasa stres.

3. Meditasi

Kalau aktivitas fisik tidak termasuk dalam kategori hal yang kamu sukai, kamu bisa mencoba praktik lainnya: yoga, meditasi, atau pelatihan napas. Kegiatan-kegiatan ini bisa membantu seseorang memperlambat ritme napas dan menurunkan detak jantung ketika sedang panik atau khawatir.

4. Makan makanan yang sehat

Makanan tidak hanya membuat perut kita kenyang, tapi juga memberi manfaat baik bagi otak kita. Lain kali ketika kita merasa sedih, khawatir, atau stres, yuk coba makan makanan yang kaya kandungan omega-3. Misalnya, ikan salmon. Kita juga bisa makan kacang-kacangan, alpukat, sayur hijau seperti bayam, dan buah-buahan.

5. Ambil waktu istirahat dari media sosial

Kebanyakan orang akan mengambil waktu istirahat dari media sosial hanya untuk sesekali saja. Sementara, ada juga orang yang melakukannya secara rutin: harian, mingguan, atau bulanan. Mana yang harus kamu pilih? Kamu tahu kebutuhanmu sendiri, jadi pilih yang akan menjawab kebutuhanmu itu ya. Artinya, jika media sosial terus-menerus membuatmu stres, istirahatlah sebentar. Jika kamu melihat media sosial membantumu punya motivasi yang lebih tinggi, manfaatkan dengan baik. Ingatlah bahwa praktik “istirahat dari media sosial” tidak ditujukan untuk menghukum siapapun. Kita semua berhak melakukan apa saja yang membantu kita merasa rileks dan bahagia.

AYO JAGA KESEHATAN MENTAL KITA…

Kesehatan mental merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dijaga. Cara menjaga kesehatan mental bisa dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu cara preventif dan solutif. Kita bisa melakukan 5 cara yang sudah dijelaskan di artikel ini sesuai kebutuhan kita masing-masing. Semoga bermanfaat!

Previous
Previous

Testophobia: Takut Ikut Ujian

Next
Next

Teknik Membaca “Skimming” vs. “Scanning”