Testophobia: Takut Ikut Ujian

Ada ratusan fobia yang diakui secara resmi di dunia. Tahukah kamu bahwa fobia ujian adalah salah satunya? Meskipun sebagian besar dari kita mungkin memang akan selalu takut mengikuti ujian, ada orang lain yang menganggap bahwa ikut ujian lebih dari sekadar hal yang mereka takuti.

Photo by Caleb Woods on Unsplash

Testophobia adalah salah satu bentuk gangguan mental. Tenang dulu, terus baca sampai akhir ya! Nah, testophobia bisa mengganggu kehidupan seseorang yang mengalaminya. Mereka akan merasa seolah-olah tidak bisa mengontrol tindakan dan reaksi mereka ketika menghadapi ujian.

Kabar baiknya adalah, testophobia bisa diatasi. Tentunya dengan menggunakan strategi dan pola pikir yang tepat. Langkah-langkah kecil yang tertulis dalam artikel ini bisa membantu seseorang yang mempunyai testophobia untuk mendapatkan kembali kendali atas hidup mereka.

Berikut merupakan beberapa strategi mengatasi testophobia.

1: Akui

Sadarilah bahwa punya testophobia bukanlah hal yang memalukan. Mengakui bahwa kamu punya fobia adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Kamu tidak akan pernah bisa menemukan solusi untuk suatu permasalahan jika tidak pernah menyadari dan mengakui sebuah masalah.

Luangkah waktu untuk merenung. Sadari jika memang kamu punya rasa takut untuk ikut ujian. Ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian! Ada banyak orang di luar sana yang juga merasakan ketakutan dan kecemasan yang sama seperti kamu.

2: Tingkatkan frekuensi ikut ujian

Kamu tidak akan mengatasi satu ketakutan sekaligus. Kamu butuh waktu! Ambil langkah kecil dan tingkatkan frekuensimu ikut ujian. Pelan-pelan saja, sedikit demi sedikit. Kemenangan yang kamu rayakan setiap harinya mungkin kecil, tapi itu tetap kemenangan yang harus dirayakan.

Start slow. Jika ini berarti hanya melihat kertas ujian dan memegangnya, maka lakukanlah! Setiap orang perlu memulai dari suatu titik. Temukan di mana letak titik itu untukmu. Perlahan, seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa terus menantang diri dan menghadapi ketakutanmu.

3: Jangan biarkan satu kemunduran menghentikan proses

Kita semua akan mengalami hari-hari yang buruk. Terkadang, kamu mungkin merasa telah mengambil satu langkah maju hanya untuk mundur dua langkah. Tapi, tidak masalah. Mengatasi rasa takut adalah sebuah perjalanan panjang. Kamu tidak boleh menyerah dan harus bertahan!

Jangan biarkan keraguan dalam dirimu menguasai. Ingatkan diri tentang seberapa jauh kamu sudah melangkah. Sehingga, kamu bisa terus berjalan maju ke depan.

4: Cari bantuan profesional

Jika kamu merasa butuh lebih banyak akuntabilitas dan dukungan profesional, jangan pernah ragu untuk mencari hingga mendapatkannya. Lakukan penelitian tentang sumber daya yang tersedia. Jangan lupa bahwa pasti akan ada orang yang bersedia membantu kamu.

Jika kamu tidak ingin mencari bantuan profesional, ada orang-orang di sekitarmu yang mau berbesar hati membantumu dalam perjalanan ini. Jangan takut atau ragu untuk meminta dukungan keluarga dan teman saat mengatasi ketakutan.

KAMU PASTI BISA MENAKLUKKAN FOBIAMU…

Jika kamu tidak mengalami testophobia, selamat! Namun jika kamu adalah salah satu orang yang sudah lama berjuang untuk mengalahkan rasa takut akan ujian, maka izinkan artikel ini mengingatkan kamu untuk tidak menyerah. Ada 4 cara yang bisa kamu coba lakukan untuk keluar dari zona testophobia! Selamat berproses dan semoga berhasil…

Previous
Previous

Buat Presentasi Menonjol Tanpa Jadi Desainer Grafis!

Next
Next

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental