4 Manfaat Keto Diet yang HARUS Kamu Tahu

Apa itu keto diet? Apakah kamu sudah tau tentang program diet ini? Artikel ini akan membahas 4 manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu menjalankan program keto diet dengan benar secara konsisten.

Photo by Total Shape on Unsplash

Diet keto adalah program atau rencana makan yang fokusnya terletak pada makanan dengan kandungan lemak sehat yang tinggi, protein yang cukup, dan karbohidrat yang sangat sedikit. Tujuan dari program ini adalah untuk mendapatkan lebih banyak kalori dari lemak daripada karbohidrat.

Kalau dari definisi keto diet itu sendiri, apa pendapat kalian? Apakah kalian akan kesulitan ketika harus menjalankan program diet itu?

Sebagai orang Indonesia asli, kita mungkin akan merasa kesusahan dalam menjalankan program keto diet karena sudah terbiasa makan karbohidrat dalam kandungan yang tinggi. Nasi sudah jadi sahabat untuk lauk apa saja. Mie juga sudah jadi alternatif pilihan makanan yang terasa nyaman di lidah. Belum lagi kalau kita ngomongin jenis sayur atau lauk pauk yang digoreng tepung. Yummy!

Tapi terlepas dari tantangan perihal karbohidrat, program keto diet telah terbukti bermanfaat buat banyak orang terutama dalam hal kesehatan. Jadi, kira-kira apa saja manfaat kesehatan dari keto diet? Yuk simak artikel ini sampai akhir.

1 - Membantu menurunkan berat badan

Keto diet bisa membuat seseorang memiliki nafsu makan yang kecil. Hasilnya, orang tersebut punya kecenderungan untuk mengalami kalori defisit dan akhirnya penurunan berat badan. Ini disebabkan karena makanan yang diperbolehkan dalam keto diet bersifat mengenyangkan dan bisa mengurangi hormon perangsang rasa lapar.

2 - Membuat kulit menjadi lebih sehat dan mengurangi jerawat

Akan sangat logis untuk mengatakan bahwa keto diet punya dampak positif pada kulit seseorang. Dengan mengkonsumsi lemak sehat dan karbohidrat dalam kandungan yang tinggi serta gula dalam kandungan yang sedikit, peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh akan berkurang. Inilah yang membuat kulit akan menjadi lebih sehat dan cerah, bahkan jerawat pun bisa hilang. Perihal jerawat ini dikarenakan jumlah insulin dalam tubuh menjadi minim karena adanya sedikit gula yang dicerna ketika keto diet. Lebih jauh lagi, keto diet bisa membantu mencegah kanker kulit dan munculnya varises.

3 - Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan sehat saat keto diet bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi kolesterol. Nah, inilah mengapa keto diet dipercayai sebagai program diet yang bisa mengurangi risiko komplikasi jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Jadi, penting banget untuk menjauhkan diri dari segala kemungkinan penyakit jantung. Salah satu cara untuk melakukan hal itu adalah dengan mengikuti program keto diet. Tapi tetap saja, semuanya selalu bergantung pada kualitas diet. Kalau diet dieksekusi dengan terlalu ekstrem, pastinya akan berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk makan makanan sehat dengan gizi seimbang ketika menjalankan program keto diet.

4 - Meningkatkan konsentrasi

Keto diet bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Pada proses ketosis, yaitu mengubah lemak menjadi energi, tubuh akan menghasilkan senyawa keton yang dipakai sebagai sumber energi untuk otak bekerja. Daya tahan dari senyawa keton ini lebih lama jika dibandingkan dengan energi yang biasanya dihasilkan oleh glukosa. Dengan kata lain, diet keto membuat otak menjadi lebih fokus ketika seseorang mengerjakan sesuatu. Konsentrasi pun juga akan meningkat.

PENUTUP

Photo by Yoav Aziz on Unsplash

Itulah beberapa potensi manfaat kesehatan dari keto diet. Tentu saja masih ada manfaat lainnya yang tidak dibahas di artikel ini. Namun sejauh ini, apakah kamu tertarik untuk sesekali mencoba program keto diet? Terlepas dari alasan ingin menurunkan berat badan, kita semua boleh-boleh saja mencoba program diet apa pun yang tersedia. Karena yang paling penting, setiap program diet tentunya akan membuahkan manfaat kesehatan bagi kita asalkan dijalankan dengan bijaksana dan sesuai kebutuhan.

Keputusan kita untuk menjalankan program diet haruslah didasarkan pada keinginan kita untuk menjadi versi diri kita yang lebih baik dalam aspek kesehatan. Kita tidak boleh terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras tapi mengisinya dengan bensin yang tidak sehat. Apalagi semakin hari, usia kita semakin bertambah. Artinya, sekarang selalu menjadi waktu yang tepat untuk memulai perubahan.

Ayo sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Walaupun menjelaskan sedikit tentang manfaat keto diet, artikel ini bukan tentang ajakan menjalankan keto diet bersama-sama, tapi ajakan untuk menyayangi diri sendiri lewat makanan dan gaya hidup kita. Pada akhirnya, hanya tubuh kita yang bisa kita andalkan untuk beraktivitas dengan baik dan optimal setiap harinya.

Take care of your body. It’s the only place you have to live. - Jim Rohn

Previous
Previous

5 Rekomendasi Film untuk Waktu Luang

Next
Next

Set Healthy Boundaries: Why and How