10 Tips Mempersiapkan Ujian

Ujian bisa sangat menegangkan karena memberikan banyak tekanan pada murid untuk bisa menunjukkan pemahaman mereka dengan baik. Untuk memperoleh hasil yang baik, tentu diperlukan persiapan yang matang. Simak 10 tips di bawah ini yang dapat membantu kalian mempersiapkan ujian dengan baik.

Tips 1: Jangan menunda-nunda waktu belajar

Banyak pelajar yang sering menggunakan sistem kebut semalam, alias SKS. Padahal, sistem belajar tersebut tidak sepenuhnya bekerja dengan efektif. Menurut seorang profesor dari UCLA bernama Andrew Fuligni, mempersiapkan ujian dengan SKS bisa membuat kalian mengorbankan waktu tidur untuk belajar.

Photo by Tim Gouw on Unsplash

Mungkin kalian berpikir bahwa tidak masalah untuk memiliki jam tidur yang kurang, asalkan kalian berhasil mempelajari semua materi ujian dengan baik. Namun, tidur sangatlah penting untuk keberhasilan akademis. Selain itu, mengorbankan waktu tidur untuk tambahan 3 atau 4 jam waktu belajar seringkali kontraproduktif.

Salah satu tips ujian yang paling penting adalah memiliki cukup waktu untuk belajar. Jangan menunda-nunda! Persiapkan diri jauh sebelum hari ujian. Kalian juga bisa mencoba untuk membaca kembali catatan kelas beberapa kali dalam satu minggu sebelum ujian diselenggarakan.

Jika kalian adalah seorang mahasiswa yang sedang mempersiapkan UTS atau UAS, maka tentu saja ada kemungkinan kalian harus mengerjakan dua ujian sekaligus dalam satu hari. Kalian juga pasti ingin bisa mengatur waktu dengan baik supaya bisa mendedikasikan lebih banyak waktu untuk ujian yang lebih ‘penting’.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak pernah menunda waktu belajar dan tidak menerapkan sistem kebut semalam. Dengan begitu, proses persiapan ujian akan lebih efektif.

Tips 2: Rapikan lingkungan sekitar tempat belajar

Sebelum duduk di belakang meja belajar untuk membuka buku atau laptop, pastikan meja yang kalian pakai terorganisasi dengan rapi. Kalian harus punya cukup ruang untuk bisa menyimpan barang-barang lainnya yang mungkin akan kalian pakai nanti.

Photo by Joyful on Unsplash

Misalnya, di beberapa menit pertama kalian akan membaca materi ujian menggunakan laptop. Kalian bisa menyingkirkan buku kalian dan memindahkannya ke tempat lain. Apabila sudah dibutuhkan, kalian bisa mengambilnya dan menukar dengan laptop. Begitu seterusnya.

Dengan begitu, kalian tidak akan mudah terganggu dengan barang-barang yang memenuhi meja belajar dan kalian bisa fokus penuh terhadap materi ujian. Fokus yang penuh akan membuat kalian menyerap materi dengan baik.

Kalian juga perlu memastikan bahwa kursi yang kalian gunakan nyaman dan lampu ruangan cukup terang. Saat belajar untuk ujian, kalian perlu merasa nyaman dan menghindari semua distraksi supaya bisa lebih berkonsentrasi.

Tips 3: Review dan pelajari ujian-ujian sebelumnya

Tips yang ketiga adalah untuk mengulas kembali dan mempelajari ujian sebelumnya. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan ujian.

Ujian-ujian yang dimaksud adalah ujian yang terbit di tahun atau semester sebelumnya. Dengan kata lain, ujian kakak kelas kalian.

Photo by Alissa De Leva on Unsplash

Saat kalian membaca, mempelajari, dan memahami ujian sebelumnya, kalian berarti sedang membiasakan diri dengan format dan struktur pertanyaan ujian. Nantinya, kalian juga bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait materi yang harus kalian ulik lebih dalam.

Apabila mungkin, gunakan timer saat kalian mencoba mengerjakan ujian tersebut. Kalian akan tahu berapa banyak waktu yang kalian habiskan untuk setiap soal.

Kalian bisa mendapatkan berkas-berkas ujian kakak kelas dengan meminta kepada guru, kakak  kelas, atau pihak perpustakaan sekolah dan universitas. Cara lainnya adalah mencari secara online. Saat ini, sudah banyak situs-situs di internet yang menyediakan materi ujian tahun-tahun lalu.

Tips 4: Tentukan target atau tujuan dari setiap proses belajar

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Setiap kali kalian belajar, buatlah target atau tujuan yang ingin dicapai. Kalian bisa menuliskannya di buku tulis saat baru memulai proses belajar.

Contoh dari target atau tujuan yang bisa kalian gunakan adalah sebagai berikut.

  • Mengerjakan paling tidak 10 soal latihan

  • Meringkas dan memahami bab 3 dan 4

  • Mempelajari konsep-konsep utama dari materi kelas minggu kedua sampai kelima

  • dan lain-lain

Dengan begitu, kalian akan tahu pasti apa yang harus kalian lakukan saat belajar.

Tips 5: Gunakan diagram

Ketika mempersiapkan ujian, alat bantu visual bisa menjadi sangat berguna bagi kalian. Cobalah untuk membuat catatan tentang semua yang kalian ketahui tentang materi ujian, lalu ubah catatan itu menjadi diagram dalam satu halaman.

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Mengubah bentuk tulisan menjadi gambar akan memungkinkan kalian untuk mengingat semua materi ujian dengan mudah. Bahkan, kalian bisa dikatakan benar-benar memahami konsep dari materi tersebut.

Jadi, pada akhirnya kalian tidak perlu khawatir untuk mendapatkan soal-soal ujian yang rumit karena kalian sudah mengerti konsep dari bahan ujian itu sendiri.

Tips 6: Belajar bersama teman-teman

Mengadakan sesi belajar bersama teman-teman saat menyiapkan ujian adalah salah satu tips yang sangat krusial. Ini akan membuat kalian dapat berdiskusi dan saling bertukar pikiran.

Hasilnya, pertanyaan-pertanyaan kalian akan terjawab. Di sisi lain, kalian juga akan memberikan pemahaman baru yang teman kalian cari.

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Namun walaupun begitu, pastikan kalian tidak hanya membuang-buang waktu saat belajar bersama teman-teman. Tetaplah fokus pada materi belajar karena ini memegang peran penting dalam kesuksesan ujian kalian.

Ingat, tujuan kalian berkumpul adalah untuk belajar bersama dan membantu satu sama lain dalam mempersiapkan ujian, bukan untuk melakukan hal-hal lainnya.

Tips 7: Jelaskan materi ujian kepada orang lain

Photo by jose aljovin on Unsplash

Setelah kalian menghabiskan beberapa waktu untuk belajar, menghafal, dan memahami materi ujian, kalian bisa menjelaskannya kepada orang lain. Carilah orang-orang terdekat saja, seperti orang tau atau saudara.

Ketika kalian menjelaskan sesuatu kepada orang lain, maka secara tidak sadar kalian sedang mempertajam ingatan kalian akan hal tersebut. Selain itu, kalian juga pasti akan bisa menjawab soal-soal ujian, khususnya soal esai, menggunakan bahasa kalian sendiri. Ini score booster.

Tips 8: Ambil waktu istirahat secara teratur selama belajar

Mungkin kalian pernah berpikir bahwa belajar selama berjam-jam menghasilkan produktivitas yang tinggi. Tapi ternyata hal tersebut salah!

Justru dengan belajar dalam waktu yang lama secara nonstop akan membuat kalian lelah dan kehabisan energi untuk belajar serta mengingat pelajaran. Jadi, sangatlah penting untuk beristirahat secara teratur supaya kalian bisa menyimpan materi ujian yang sudah kalian pelajari dengan baik dan dalam waktu lama.

Photo by Vince Veras on Unsplash

Setiap orang memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda. Apa yang berhasil untukku belum tentu akan berhasil untuk kalian.

Ketika kalian membentuk sebuah rutinitas belajar, ambillah waktu istirahat yang sesuai untuk diri kalian sendiri. Misalnya jika kalian tahu bahwa kalian lebih produktif belajar di malam hari, maka istirahatlah lebih awal di siang atau sore hari. Jika kalian merasa lebih baik belajar di pagi hari, mulailah belajar sebelum istirahat makan siang.

Tips 9: Mintalah bantuan saat membutuhkan

Malu bertanya, sesat di jalan!

Saat kalian mengalami kesulitan dalam mempelajari atau memahami sebuah konsep, jangan pernah ragu untuk mencari bantuan. Kalian bisa hubungi mentor, guru atau dosen, tutor, atau teman yang bisa membantu kalian belajar dengan lebih baik.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Daripada berusaha keras menghafalkan semua kalimat yang ada di buku dan catatan tanpa mengerti apa maksudnya, lebih baik meminta pertolongan dari orang lain. Dengan begitu, kalian tidak akan membuang banyak waktu dan malah benar-benar belajar sesuatu.

Tips 10: Buatlah perencanaan tentang hari ujian dan tidurlah dengan baik

Kalian wajib memastikan semuanya sebelum hari ujian. Ya, semua hal yang perlu kalian bawa ke tempat ujian, ataupun persyaratan dan aturan lain yang harus kalian siapkan sebelumnya.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Selain itu, pastikan kalian berangkat ke sekolah, kampus, atau tempat ujian lainnya lebih awal. Jangan sampai terlambat!

Kalian juga harus memaksakan diri untuk tidur minimal tujuh jam sebelum hari ujian. Ingatlah, ujian diadakan untuk mengevaluasi pemahaman dan kemampuan berpikir, jadi jangan sampai kurang tidur.

Tidur yang baik dan cukup akan membantu kalian berpikir jernih dan menjawab soal dengan benar. Tips yang terakhir ini tidak boleh disepelekan.

GOOD LUCK!

Ada banyak tips ujian untuk pelajar supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, termasuk 10 tips yang sudah dijelaskan di atas. Tentu saja ada beberapa tips yang mungkin tidak cocok untuk kalian, dan ada beberapa lainnya yang sangat membantu. Jadi, cobalah semua tips yang sudah diberikan dan cari tahu mana yang berhasil bagi kalian.

Previous
Previous

7 Cara Mudah Mengelola Uang dengan Baik

Next
Next

How to Win Friends and Influence People by Dale Carnegie