7 Cara Mudah Mengelola Uang dengan Baik

Untuk memiliki keterampilan mengelola uang, tidak diperlukan keahlian matematika yang hebat. Pada dasarnya, kita hanya perlu mengetahui konsep dasar dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun, hidup akan terasa jauh lebih mudah ketika kita bisa mengatur keuangan dengan baik. Simak artikel artikel ini sampai habis!

Photo by Alexander Mils on Unsplash

Saat kita harus mengambil keputusan pembelanjaan, terutama dengan nominal pengeluaran yang besar, kita tidak boleh berasumsi bahwa kita bisa membeli suatu barang atau jasa. Alih-alih, kita perlu mengkonfirmasi bahwa kita memang mampu membelinya dan dana tersebut tidak akan digunakan untuk keperluan lainnya.

Contoh, kita hendak membeli sebuah novel yang harganya cukup mahal yaitu Rp. 350.000, -. Pada kenyataannya, kita memiliki uang yang cukup untuk membayar buku itu. Tetapi saat berjalan ke arah kasir, kita harus berpikir ulang.

“Aku memang bisa membeli buku ini sekarang, tapi apakah aku benar-benar mampu membelinya? Akankah aku membutuhkan uang yang ada di dompetku sekarang untuk memenuhi kebutuhanku yang lain di masa yang akan datang?”

Ingat, uang kita tidak menandakan bahwa kita bisa melakukan pembayaran. Kita harus mempertimbangkan tagihan dan pengeluaran lain yang harus kita bayar sebelum gajian berikutnya.

Cara Mengatur Uang dengan Lebih Baik

1 - Melacak pengeluaran

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Kalau kita tidak tahu untuk apa kita mengeluarkan uang, maka ada kemungkinan bahwa kita memiliki kebiasaan mengelola uang yang baik. Ini harus segera diatasi dan diperbaiki.

Pengelolaan uang yang lebih baik selalu dimulai dengan kesadaran akan pengeluaran. Kita harus berani melacak pengeluaran di semua kategori, seperti pembayaran listrik, makan, atau bahkan hiburan.

Dengan begitu, kita akan melihat berapa banyak yang kita belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting, misalnya kopi setiap hari. Kalau kita menjumlahkan total biaya dana yang dikeluarkan untuk membeli kopi, kita mungkin akan kaget karena nominalnya tidak kecil.

Kita juga bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti Xettle atau Sribuu untuk membantu kita mengontrol pengeluaran. Ketika kita terbiasa untuk melacak setiap pengeluaran, kita sudah satu langkah lebih awal untuk memiliki kemampuan mengelola uang yang lebih baik.

2 - Miliki anggaran yang realistis

Banyak orang tidak memiliki atau membuat anggaran karena mereka membuat daftar pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya sesuai sangat terdengar membosankan. Padahal, cara ini tidak sepele sama sekali.

Photo by NORTHFOLK on Unsplash

Kita bisa membuat anggaran bulanan berdasarkan pendapatan dan pengeluaran kita setiap bulannya. Pastikan anggaran ini bisa kita pertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada gunanya menetapkan anggaran yang ketat seperti tidak pernah makan di luar rumah atau tidak pernah menggunakan jasa transportasi online. Kita hanya perlu membuat anggaran yang sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan. Anggaran yang kita miliki merupakan sebuah dorongan untuk membentuk kebiasaan yang lebih baik, seperti lebih sering memasak di rumah dan lain sebagainya.

Anggaran realistis akan membuat kita semangat untuk terus membangun dan mengusahakan rutinitas keuangan yang ingin kita bentuk, sedangkan anggaran yang terlalu ketat justru akan membuat kita gagal di tengah jalan.

3 - Tingkatkan tabungan walaupun membutuhkan waktu yang lama

Tabungan bisa menjadi dana darurat yang bisa menolong kita dalam keadaan tak terduga. Jadi, ada baiknya kita mulai menabung sedini mungkin.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Walaupun jumlah uang yang kita tabung dari waktu ke waktu tidak terlalu besar, dana tersebut nantinya bisa menyelamatkan kita dari situasi berisiko di mana kita terpaksa meminjam uang atau tidak dapat membayar tagihan tepat waktu.

Tabungan juga memperkuat keamanan finansial kita jika suatu hari kita tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

4 - Bayar tagihan tepat waktu setiap bulan

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Membayar tagihan tepat waktu merupakan cara yang sederhana untuk mengatur keuangan dengan bijaksana. Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari hal ini.

Mulai dari menghindari biaya keterlambatan sampai memprioritaskan pengeluaran yang benar-benar penting.

5 - Kurangi tagihan berulang

Photo by Marques Kaspbrak on Unsplash

Apakah kamu berlangganan layanan yang sebenarnya tidak pernah dipakai? Kita sangat mudah untuk melupakan langganan bulanan ke layanan streaming atau aplikasi seluler.

Padahal, hal ini membebani rekening bank kita. Mari mulai meninjau ulang setiap pengeluaran kita untuk tagihan seperti ini. Alokasikan uang tagihan untuk membayar keperluan-keperluan yang jauh lebih penting.

6 - Simpan uang tunai untuk menghindari pembayaran yang tidak perlu

Photo by Eduardo Soares on Unsplash

Ketika kita memiliki uang tunai di dalam dompet atau kantong, kita secara tidak sadar akan tergelitik untuk membelanjakannya. Entah itu untuk kebutuhan barang atau jasa yang memang kita perlukan, atau keinginan mata yang hanya menggoda sesaat.

Intinya, kita akan selalu punya alasan untuk mengeluarkan uang. Jadi, sebisa mungkin simpan uang tunai di rumah atau setorkan ke rekening bank supaya kita bisa lebih membatasi pengeluaran.

7 - Mulai berinvestasi

Investasi merupakan salah satu strategi ampuh untuk mengelola uang. Dengan melakukan investasi, kita bisa memiliki peluang untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Sekarang sudah banyak instrumen investasi yang tersebar di masyarakat. Kita bisa memilih sesuai dengan profil risiko kita sebagai seorang investor. Selain itu, penting bagi kita untuk berinvestasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Tidak kalah penting, kita harus memiliki wawasan yang cukup untuk terjun ke dunia investasi. Perbanyak baca artikel tentang investasi dan diskusi dengan orang yang lebih berpengalaman.

BEING GOOD WITH MONEY TAKES TIME AND PRACTICE

Untuk bisa memiliki keterampilan mengatur uang dengan baik, kita butuh latihan. Tentu saja prosesnya tidak instan. Oleh karena itu, kita harus bersabar dan mau terus mencoba di saat kita belum berhasil.

Sekarang kita telah mengetahui 7 cara yang mudah untuk bisa mengasah kemampuan mengatur uang. Mari terus melakukannya dengan rutin sehingga menjadi kebiasaan.

Previous
Previous

Using Your Boredom for Creativity

Next
Next

10 Tips Mempersiapkan Ujian