Yuk Kurangi Screen Time dan Rasakan 3 Manfaatnya!

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu terlalu sering membuka handphone, laptop, atau gadget lainnya? Pernahkah kamu merasa bahwa kamu mulai menggunakan benda-benda itu ketika kamu bahkan tidak membutuhkannya? Pernahkah kamu menyadari bahwa screen time menguras tenaga dan waktumu untuk berkumpul dengan orang-orang terdekatmu, juga hal-hal yang berharga bagimu? Artikel ini membahas 3 manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu memangkas waktu main gadget.

Photo by Vladimir Mun on Unsplash

Scrolling Instagram atau TikTok di handphone, eksplor YouTube di iPad, atau nonton film Netflix di laptop. Bukankah ketiga hal tersebut sangat familiar? Begitu familiar hingga kita menjadikannya sebuah kebiasaan. Namun sebenarnya, apakah alasan di balik semua kebiasaan itu?

Apakah kita memang harus melakukannya untuk membantu kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan? Atau apakah kita hanya mencari hiburan?

Apa saja jawaban yang terlintas di kepalamu sekarang, kamu harus tahu dulu bahwa tidak ada yang salah dengan bermain gadget dalam waktu yang lama, terutama jika memang hal itu benar-benar merupakan sebuah kebutuhan. Orang-orang yang bekerja di bidang kreatif seperti copywriter atau social media strategist, misalnya, pasti memang perlu membuka media sosial untuk beberapa waktu karena kebutuhan pekerjaan.

Hanya saja, menatap gadget terlalu lama bisa menjadi sebuah masalah. Ketika kita fokus dengan apa yang ada di layar, kita secara langsung melepaskan atau menjauhkan diri dari hal-hal penting lainnya. Bisa jadi hal penting itu adalah keluarga, tugas atau pekerjaan, olahraga, atau hobi.

Sebaliknya, aku juga yakin bahwa ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengurangi waktu menatap layar. Kita jadi lebih terhubung dengan keluarga dan orang-orang terdekat kita. Kita terhindar dari gejala stres, cemas, bahkan depresi. Kita jadi punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih berguna dan menyenangkan.

Yuk sekarang kita bahas beberapa manfaat dari memangkas waktu bermain gadget…

1 - Kesehatan fisik dan mental meningkat

Aktivitas fisik sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik kita. Namun, gadget seringkali menjadi alasan untuk kita tidak melakukannya. Pada akhirnya, membangun atau mempertahankan kebiasaan berolahraga menjadi hal yang sulit ketika kita menghabiskan banyak waktu di depan layar.

Photo by Emma Simpson on Unsplash

Dengan mengurangi waktu ber-gadget, kita akan mencegah obesitas dan kondisi yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Kondisi tersebut termasuk diabetes dan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang lebih banyak menonton TV atau menatap layar laptop punya risiko lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan. Yah… Snacking sambil nonton itu memang menyenangkan, kan? Hehehe.

Selain itu, kita juga tidak akan kekurangan waktu tidur. Orang yang lebih sering main gadget cenderung lebih sulit untuk tidur dengan baik.

Terlepas dari kesehatan fisik, kita juga harus memperhatikan kesehatan mental kita. Apakah kamu merasa lelah setelah telepon dengan orang untuk beberapa waktu yang lama? Atau setelah scrolling media sosial selama berjam-jam? Jika iya, maka kamu harus mencoba untuk memiliki setidaknya satu hari tanpa gadget dalam seminggu.

Walaupun awalnya terasa sulit, tapi ini akan membuat kamu memiliki hubungan yang sehat dengan teknologi. Kamu tidak akan lagi merasa perlu untuk terus memeriksa media sosial setiap beberapa menit.

2 - Terjalinnya hubungan sosial

Memiliki hubungan dengan orang lain sangat penting untuk kita. Kita bisa merasa bahwa kita berharga, diperhatikan, dan disayangi oleh orang lain. Sense of belonging akan kita temukan dalam keluarga dan teman-teman terdekat. Sayangnya, gadget lagi-lagi bisa menjadi perusak hubungan dalam hidup kita.

Photo by Helena Lopes on Unsplash

Belajarlah meletakkan handphone ketika sedang ngobrol dengan keluarga. Orang tua dan saudara-saudaramu akan merasa lebih bahagia dengan kehadiranmu yang utuh. Selain itu, ikatan keluarga akan semakin kuat jika tidak ada di antara kalian yang sibuk dengan handphone masing-masing.

Jangan lupa, kita ini adalah makhluk sosial. Jangan sampai kita jadi makhluk sosial tanpa sosial ya!

3 - Timbulnya suasana hati yang baik

Meletakkan handphone dan melakukan aktivitas yang kita sukai bisa membuat suasana hati kita meningkat. Kita akan merasa bahwa kita lebih berprestasi atau lebih produktif. Akhirnya, kita merasa lebih semangat untuk menjalani hari.

Informasi yang tersebar di media sosial dapat menyebabkan kita merasa cemas dan tertekan. Kita juga akan memiliki kecenderungan untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Ini sangat berbahaya!

Photo by Diana Polekhina on Unsplash

Ketika media sosial atau konten digital berhasil menanamkan hal-hal buruk dalam pikiran dan hati kita, fokus dan perhatian kita akan terbagi-bagi kepada hal-hal yang tidak perlu. Bayangkan saja jika setiap pagi, kamu sibuk membaca berita tentang kerusuhan yang terjadi di sebuah negara. Seharian, pikiranmu pasti akan penuh dengan adegan-adegan kekerasan dan kamu jadi tidak bisa konsentrasi dalam mengerjakan tugas/pekerjaan. Lagi-lagi, mood kamu jadi memburuk akibat hal tersebut.

PENUTUP

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan jika kita mau memutuskan untuk mengurangi waktu bermain gadget. Bukankah kita semua ingin merasakan ketiga manfaat itu?

Yuk bersama-sama berusaha… Hari-harimu pasti akan lebih produktif dan menyenangkan.

Kita harus bersyukur untuk perkembangan teknologi yang bisa membuat kita nyaman dalam mencari dan menerima informasi di seluruh dunia. Tapi, kita juga harus bersyukur untuk setiap waktu yang bisa kita gunakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain (terutama keluarga) dan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kita merasa hidup.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa mendapatkan sudut pandang baru tentang penggunaan gadget dan bagaimana kamu bisa melakukan atau mencapai jauh lebih banyak hal tanpanya. Ayo sama-sama belajar untuk menggunakan teknologi dengan bijak. Perkembangan teknologi itu ada untuk membantu kita, bukan merusak. Setuju, kan?

All we have to decide is what to do with the time that is given to us. - J.R.R. Tolkien

Previous
Previous

3 Cara Tingkatkan Potensi dalam Diri

Next
Next

Common Latin Abbreviations in English