3 Cara Tingkatkan Potensi dalam Diri

Salah satu kesalahan terbesar seseorang adalah menyadari sebuah masalah yang ada dalam hidup mereka dan tidak melakukan apa-apa untuk menyelesaikannya.

Kita tentu saja memiliki beberapa hal dalam hidup yang ingin kita ubah. Seringkali, hal-hal tersebut merupakan hal yang besar. Kita ingin merubah kondisi finansial secara instan, misalnya.

Namun, hal-hal yang paling penting dan sangat membutuhkan perubahan nyata, sebenarnya adalah hal-hal mendasar. Kurangnya kepercayaan diri, tidak adanya teman, kemampuan yang buruk dalam berkomunikasi, tingkat perfeksionisme yang tinggi, dan lain sebagainya. Tidakkah kamu setuju bahwa hal-hal tersebut memang harus diubah?

Sekarang pertanyaannya, apa karakter mendasar yang harus kamu ubah secepatnya? Pernahkah kamu merasa tidak berdaya ketika karakter yang kurang baik itu menyerang? Sudahkah kamu mencoba untuk berubah?

Photo by Michael Dziedzic on Unsplash

Kadang-kadang, masalah besar yang ada di dalam kehidupan kita sangatlah sulit untuk diselesaikan. Bahkan, ada beberapa yang tidak mungkin bisa dibereskan. Tapi, intuisi kita tentang betapa sulitnya masalah tersebut bisa dikalibrasikan dengan baik. Ini yang akan menentukan karakter apa yang akan kita pilih sebagai respon.

Seberat apapun masalahnya, kita selalu bisa memilih untuk menenangkan diri dan mencari solusi. Apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut? Sudahkah aku melakukan yang terbaik untuk menaklukkan masalah itu?

Semakin berat masalahnya, semakin penting untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk menghadapinya. Masalahnya, apakah kita mau melakukannya?

Pola pikir yang terus mencari jalan keluar dari setiap permasalahan, akan membuat kita benar-benar menyelesaikan masalah. Tidak hanya masalah besar, tapi juga masalah sederhana.

Sedangkan pola pikir yang tidak pernah berusaha untuk memikirkan solusi, akan menghalangi kita untuk menjadi sosok yang kita inginkan.

Kita perlu kembali mengingat bahwa masalah-masalah yang ada dalam hidup kita merupakan hal-hal yang bisa kita perbaiki dan kita memiliki kekuasaan penuh untuk melakukannya. Ini adalah salah satu gagasan terbaik yang bisa kita tanamkan dalam diri.

Sampai di titik ini, kamu pasti sudah berhasil mengalami kemajuan karena kamu memutuskan untuk mencoba berubah. Misalnya, kamu menjadi orang yang memiliki etos kerja yang baik, terbuka, punya keterampilan sosial, terorganisir, perfeksionis secukupnya saja, atau mampu menjalin hubungan yang positif dengan orang lain.

Walaupun begitu, kamu tentunya juga belum berhasil memperbaiki semua masalah yang ada. Kamu tidak perlu khawatir, karena kamu masih dalam proses. Kita semua masih dalam proses.

Yuk jangan berhenti sampai di sini dan terus berusaha membuat kemajuan dalam diri! Berikut adalah 3 cara yang sangat ampuh untuk menemukan potensi dalam diri, yang mungkin selama ini belum kamu sadari.

1 - Minta saran dari orang lain

Sangatlah tidak mudah untuk kita bisa melihat dan menemukan blind spots serta kemampuan menyelesaikan masalah yang ada dalam diri sendiri. Oleh karena itu, kita perlu bantuan orang lain.

Photo by Jarritos Mexican Soda on Unsplash

Selain itu, dengan menjelaskan sebuah masalah kepada orang lain, kita telah membuat sebuah kemungkinan untuk mendapatkan solusi dari orang tersebut. Apalagi jika orang yang kamu pilih dan percaya itu pernah memiliki masalah serupa dan telah berhasil memecahkannya.

Kalaupun mereka tidak pernah memiliki pengalaman yang mirip atau sama denganmu, mereka bisa membantu memperjelas pemikiranmu atau menyarankan beberapa solusi.

Kamu tentunya harus melakukan hal ini dengan orang-orang yang dekat denganmu dan membuatmu merasa nyaman untuk bercerita. Jangan memilih orang yang kurang kamu kenal karena mereka belum peka tentang kamu.

2 - Cari solusi yang pintar

Menyelesaikan sebuah masalah bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, carilah cara yang paling pintar.

Misalnya ketika kamu ingin menjadi seseorang yang lebih memperhatikan kesehatan, maka tentu saja kamu harus memilih jenis makanan yang akan kamu makan.

Kamu bisa mencapai tujuan itu dengan cara memasak sendiri di rumah atau memesan catering sehat. Pertanyaannya, mana solusi yang lebih pintar?

Memasak makanan sehat di rumah memang membuatmu bisa mengontrol bahan dan bumbu yang digunakan, namun bukankah ada kemungkinan bahwa suatu hari kamu akan tergiur untuk memasak jenis yang kurang sehat?

Lalu, bukankah memasak akan mengambil waktu yang cukup banyak? Belum lagi, kamu harus beres-beres setelah memasak.

Dalam kasus ini, memesan catering mungkin merupakan solusi yang lebih pintar. Karena ketika makanan sehat itu sudah disediakan, mengonsumsi makanan sehat menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan setiap hari.

Selain itu, kemungkinan untuk makan makanan yang kurang sehat juga akan berkurang jauh karena kamu sudah memiliki makanan catering yang harus kamu habiskan.

Photo by Johannes Plenio on Unsplash

Tentu saja, solusi pintar versi kamu bisa berbeda. Yang pasti, setiap kamu memiliki sebuah masalah, cobalah duduk dan berpikir tentang macam-macam solusinya. Setelah itu, pertimbangkan solusi mana yang paling pintar.

3 - Hargai kemajuan yang sifatnya bertahap

Kamu pasti sudah tahu dan setuju bahwa membuat beberapa kemajuan kecil adalah hal yang luar biasa. Hanya saja, kamu sering lupa. Kita semua sering lupa.

Tapi, dengan terus mengatakan pada diri sendiri bahwa kemajuan 1% setiap harinya lebih baik dari tidak ada kemajuan sama sekali, kita akan bisa mencapai tujuan. Walaupun mungkin kita memerlukan waktu yang cukup lama.

Jangan remehkan progresmu. Sikap seperti ini malah membuat kamu merasa tidak percaya diri, gagal, dan tidak berharga. Akhirnya, kamu akan menyerah dan bahkan kembali ke titik awal. Sangat disayangkan, bukan?

Photo by Ben White on Unsplash

Know that there is something inside you that is GREATER than any obstacle. - Christian Larson

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berproses!

Previous
Previous

College Dorm Packing Essentials

Next
Next

Yuk Kurangi Screen Time dan Rasakan 3 Manfaatnya!