Tips Menghadapi Interview ONLINE!

Sejak pandemi COVID-19, wawancara hampir selalu diadakan secara online. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan wawancara yang dilakukan secara tatap muka di kantor. Nah, artikel ini membahas beberapa tips yang bisa membantumu untuk melakukan tahap wawancara online dengan baik. Harapannya, kamu bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

1 - Optimalkan semua perlengkapan

Laptop. Komputer. Tablet. Ponsel. Alat pendengar. Semuanya harus kamu persiapkan dengan sebaik-baiknya.

Photo by SCREEN POST on Unsplash

Hal-hal kecil terkait perlengkapanmu juga perlu diperhatikan. Misalnya cahaya di ruangan tempat kamu melakukan wawancara. Apakah lampunya cukup terang? Bila tidak, kamu bisa menggunakan lampu tambahan supaya wajahmu terlihat lebih jelas.

Atur ketinggian laptopmu dengan baik, sehingga kamu merasa nyaman sepanjang wawancara. Ketika kamu nyaman, kamu akan rileks dan percaya diri. Ini tentunya akan membantumu untuk menjadi diri sendiri, berbicara secara alami dan fokus pada pertanyaan wawancara.

Pastikan juga untuk mencolokkan semua perangkatmu, supaya tidak mati secara tiba-tiba di tengah wawancara. Kamu juga perlu menutup program lain di laptop, jangan sampai ada notifikasi pesan yang masuk pada saat wawancara berlangsung. Fokusmu akan hilang seketika, pihak perusahaan pun juga akan terganggu.

Milikilah koneksi internet yang lancar. Kamu juga bisa menggunakan hotspot pribadi ponselmu bila perlu.

2 - Miliki penampilan yang profesional dan konsisten

Berpaikanlah secara profesional, walaupun kamu tidak menemui pihak perusahaan secara tatap muka. Selain memberimu suasana wawancara yang sesungguhnya, pihak perusahaan akan menilai kamu sebagai kandidat yang selalu bersikap profesional.

Photo by visuals on Unsplash

Pastikan juga kamu terlihat seperti foto LinkedIn atau foto profil CV-mu. Ini terdengar konyol, tapi jika kamu tidak terlihat sama dengan foto yang kamu kirimkan saat melamar kerja, pihak perusahaan kemungkinan besar akan memiliki kesan pertama yang buruk.

3 - Bicara dengan jelas

Caramu berbicara sangatlah penting. Jangan berbicara terlalu cepat supaya pihak perusahaan bisa mendengar setiap perkataanmu. Namun, jangan juga terlalu lambat agar pihak perusahaan tidak merasa bingung kenapa kamu memiliki kecepatan berbicara seperti itu.

Kamu bisa mencari tahu terlebih dulu terkait volume suara yang sesuai dan nyaman melalui speaker laptop. Ajaklah temanmu untuk melakukan percobaan, mintalah pendapatnya tentang caramu berbicara. Dari segi volume, akses, artikulasi, sampai intonasi, semuanya harus pas!

4 - Pahami etika wawancara

Kamu harus menunggu pihak perusahaan untuk menghubungimu pada waktu wawancara. Jangan menghubungi mereka karena mungkin mereka punya jadwal yang padat, atau sedang dalam wawancara lainnya.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Tunggu waktu yang tepat, dan jika mereka belum bergabung di ruang virtual, kamu bisa mengirim pesan yang menginformasikan bahwa kamu sudah siap untuk wawancara kapan pun. Pesan seperti ini penting. Walaupun demikian, tentu saja kamu perlu memikirkan penyusunan kalimat dan pemilihan kata supaya pesan itu terdengar sopan.

5 - Persiapkan diri

Dalam setiap jawaban yang akan kamu utarakan di wawancara, pastikan kamu memenuhi kriteria yang ada dalam deskripsi pekerjaan. Sampaikan sikap profesional dan *soft skill-*mu, serta keterampilan teknis dan pengetahuan.

Kemampuanmu dalam berkomunikasi juga sangat penting, karena pihak perusahaan akan memikirkan bagaimana kamu bisa berbicara dengan baik dengan staf lain dan klien.

Pihak perusahaan juga akan mencari tahu apakah kamu termotivasi dan tertarik dengan peran yang kamu lamar, apakah kamu tahu tentang perusahaan mereka. Inilah mengapa kamu perlu mencari tahu tentang perusahaan terlebih dahulu.

PENUTUP

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menaklukkan wawancara online. Bagaimanapun juga, pada akhirnya perusahaan menginginkan seseorang yang otektik dan dapat dipercaya. Jadi, berikan penampilan yang terbaik dengan cara mengikuti kelima tips di atas, tapi jangan lupa untuk jadi diri sendiri. Semoga berhasil!

Previous
Previous

5 Cara Hindari dan Atasi BURNOUT!

Next
Next

7 Tips Mencari Pekerjaan untuk Lulusan Baru