Tingkatkan Energimu dengan 7 Kebiasaan Ini

Pernahkah kamu merasa tidak memiliki energi untuk beraktivitas? Pernahkah kamu mencari cara untuk mengubah situasi tersebut? Artikel ini akan membahas 7 kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan energi sehari-sehari.

Photo by Aditya Saxena on Unsplash

Untuk menjadi seseorang yang produktif, kita harus memiliki energi yang baik. Ya, energi yang baik. Kita tidak perlu waktu yang banyak, tapi kita perlu memiliki energi yang mampu mendorong kita melakukan aktivitas dengan optimal.

Ingat, percuma kalau kita punya hari yang panjang tapi dalam sebagian besar waktu kita merasa lelah. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

KEBIASAAN kita menentukan tingkat energi kita. Jika kita memiliki kebiasaan yang baik, kita akan merasa berenergi dan lebih sulit untuk merasa lelah. Baik itu lelah secara fisik maupun mental.

Jadi ketika kita merasa sudah memiliki energi yang rendah, maka kita harus segera mengatasinya. Karena jika tidak, kita akan semakin terjebak dalam pola aktivitas yang semakin buruk dan semakin buruk.

Berikut ini merupakan 7 kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan energi.

1 - Tidak tidur terlalu malam

Tidur adalah fondasi dari energi kita. Jika kita tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka kualitas tidur kita akan buruk. Akhirnya, kita tidak akan bisa beraktivitas dengan baik. Performa keseharian kita akan menurun.

Photo by Lux Graves on Unsplash

Pada umumnya, tidur selama 7 hingga 8 jam sehari dinyatakan bisa membuat kita bekerja dengan maksimal dalam jangka panjang. Jadi, ayo mulai memperhatikan dan mengatur waktu tidur kita!

Tantangan untukmu:

Tidurlah jam 10 malam setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Lakukan ini selama 30 hari!

2 - Olahraga setiap hari

Olahraga adalah investasi jangka panjang untuk tingkat energi kita. Dengan berolahraga, kita bisa berpikir jernih dan waspada sepanjang hari.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Mungkin beberapa dari kita mengalami kesulitan untuk berolahraga secara rutin, tapi itu bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Biasakan diri untuk melakukan push up atau burpees setiap hari.

Jantung kita akan memompa dengan lebih keras dan aliran darah kita akan menjadi lebih lancar. Ayo akui, bahwa berolahraga seperti itu tidak membutuhkan waktu berjam-jam. Kita hanya memerlukan kemauan untuk memulainya.

Tantangan untukmu:

Berolahraga minimal 30 menit sehari atau lakukan paling tidak 10 push up setiap harinya.

3 - Tidur siang selama 20 menit

Menyempatkan waktu sebentar untuk tidur mungkin tidak menarik untuk sebagian orang. Namun, tidur siang ternyata memberikan berbagai manfaat kognitif. Apalagi bagi kita yang sering belajar. Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat kita!

Kita tidak perlu merasa bersalah ketika kita tidur siang. Hal itu tidak menandakan kita lemah, tapi justru akan menjadikan kita lebih kuat. Tidur siang membuat kita bisa bekerja lagi di sore hari, waktu-waktu di mana kita biasanya merasa lelah.

Photo by Adrian Swancar on Unsplash

Kalau kalian bekerja di kantor dan tidak memungkinkan bagi kalian untuk tidur siang, kalian bisa menggunakan sedikit waktu istirahat makan siang untuk beristirahat.

Kunci untuk kebiasaan ini adalah bagaimana kita tidur dengan singkat. Jangan tidur siang terlalu lama. Pasang alarm dan segera bangun ketika alarm itu berbunyi.

Tantangan untukmu:

Luangkan waktu 20 menit untuk tidur siang.

4 - Kerjakan pekerjaan yang sulit di pagi hari

Selesaikan pekerjaan terpenting di pagi hari. Paling tidak 4 jam pertama dari hari kerja kita. Mulai sesegera mungkin!

Mengapa harus demikian? Suasana hati kita akan berada dalam kondisi yang baik. Jika kita telah menyelesaikan beberapa pekerjaan penting, kita akan merasa produktif. Ini akan memberikan kita semangat yang lebih untuk melanjutkan hari.

Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Sedangkan jika kita membuang-buang waktu untuk membaca email atau media sosial, kita akan kehilangan waktu untuk menghasilkan sesuatu yang berharga. Akhirnya, kita merasa frustasi dan tidak semangat untuk menjalankan sisa hari.

Tantangan untukmu:

Jadikan 4 jam pertama di pagi hari untukmu bekerja dengan tenang dan penuh konsentrasi.

5 - Tentukan niat satu hari sebelumnya

Semua hal yang sedang kita bicarakan, erat kaitannya dengan momentum.

Ketika kita bekerja keras dan berhasil melawan prokrastinasi, kita bisa meneruskan hari yang panjang itu dengan semangat penuh. Ketika kita memulai hari dengan bermalas-malasan dan berjuang setengah mati untuk membuka laptop, kita membuang waktu untuk hal-hal yang tidak produktif.

Rasanya seperti, apa yang kita lakukan di pagi hari dan bagaimana kita melakukannya akan menentukan sisa hari kita. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa menetapkan niat yang jelas tentang bagaimana hari esok akan berjalan. Lakukan ini di malam sebelumnya.

Photo by David Travis on Unsplash

Dengan memvisualisasikan niat yang kita buat dan menuliskannya ke dalam jadwal harian, kita bisa mewujudkannya dengan lebih otomatis. Menarik, bukan?

Tantangan untukmu:

Tuliskan rencanamu untuk hari berikutnya dan buatlah visualisasinya di dalam otakmu. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

6 - Berteman dengan orang-orang yang tepat

Kita tidak bisa memilih siapa orang tua, rekan kerja, dan atasan. Tapi, kita bisa memilih dengan siapa kita bergaul setiap harinya.

Ada beberapa teman kita yang selalu memberi kita dukungan dan membuat kita merasa bersemangat. Ada beberapa yang lain yang meninggalkan pengalaman dan perasaan buruk dalam diri kita. Oleh karena itu, pilihlah dengan bijaksana.

Photo by Simon Maage on Unsplash

Kita tidak perlu mengucilkan teman, tapi kita harus mempertimbangkan dengan siapa kita menghabiskan waktu secara konsisten. Semuanya untuk kebaikan kita!

Tantangan untukmu:

Tentukan batasan untuk teman-teman yang membuat kamu merasa lelah.

7 - Mengatur hidup dengan lebih teratur dan jelas

Kebiasaan ini bukanlah proses yang bisa dilakukan satu kali saja, tapi sebuah upaya berkelanjutan yang bertujuan untuk menyingkirkan elemen hidup yang kurang diperlukan dan menyelaraskan elemen-elemen lainnya yang memang butuh diperhatikan.

Banyak energi yang kita buang karena ada bagian-bagian dari kehidupan kita yang saling bertentangan satu sama lain. Bisa jadi rekan kerja yang tidak ingin kita mendapatkan promosi, teman-teman yang merendahkan kita, atau asumsi internal dalam pikiran kita yang menimbulkan sejuta keraguan.

Sangatlah penting untuk kita bisa meluangkan waktu untuk menguraikan konflik dalam hidup ini. Tentu saja yang dimaksud adalah konflik yang sebenarnya tidak diperlukan. Konflik-konflik yang membuat hidup kita menjadi tidak teratur dan tidak jelas.

Photo by Laurenz Kleinheider on Unsplash

Kita perlu mencari cara untuk menyelesaikan semua konflik tersebut. Kadang-kadang, kita bisa melakukannya dalam waktu singkat. Tapi terkadang, kita perlu waktu yang lebih lama. Misalnya untuk menarik diri dari lingkungan sosial yang toxic, atau membenahi pola pikir yang menahan kita melakukan sesuatu.

Tantangan untukmu:

Ambil waktu untuk duduk diam dan memikirkan semua hal yang bisa mengantarkanmu sampai ke tujuan, juga hal-hal yang akan menghambatmu. Lalu, cari tahu bagaimana kamu bisa mengatasi hal itu.

Tingkatkan energimu!

Dari 7 kebiasaan di atas, mana yang telah kamu bangun selama ini? Jangan lupa untuk mencoba kebiasaan lainnya, supaya energimu semakin tinggi dan kamu bisa beraktivitas dengan maksimal setiap harinya. Productivity… here we go!

Previous
Previous

Belajar dari JEFF BEZOS!

Next
Next

Belajar dari STEVE JOBS!