Suka Olahraga? Ini 5 Jurusan yang Bisa Kamu Pilih

Satu fakta tentang olahraga yang harus kita terima dan hadapi adalah hanya ada sedikit orang yang akan berhasil menjadi atlet profesional. Namun, kalau kamu suka olahraga dan menjadi atlet profesional tidak menjadi tujuan utamamu, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang olahraga itu sendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan 5 jurusan seputar olahraga yang bisa kamu pilih di jenjang kuliah.

Photo by Virgil Cayasa on Unsplash

Apakah kamu hobi nonton The English Premiere League? Apakah kamu gemar dan bahkan mahir dalam mengeksekusi satu atau lebih jenis olahraga tertentu? Apakah menonton pertandingan olahraga membuatmu semangat? Apakah kamu suka olahraga?

Jika iya, kamu mungkin sempat pernah berpikir untuk menempuh karir di bidang olahraga. Tapi, ada berapa banyak jurusan yang mengkaji perihal olahraga? Bagaimana jurusan-jurusan itu bisa membantu kamu mengkonversikan minat dan bakat menjadi perjalanan karir yang baik?

Berikut merupakan 5 dari begitu banyak jurusan olahraga yang bisa kamu pilih untuk pelajari saat kuliah.

1 - Ilmu Keolahragaan

Jurusan ini adalah cabang ilmu yang mengkaji prinsip dan teknik ilmiah untuk memperbaiki kinerja olahraga. Kamu juga bisa mengasah keahlianmu dalam satu spesialisasi bidang olahraga tertentu.

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Pembelajaran dalam jurusan ini mencakup bidang biologi fisik, persyaratan gizi manusia, dan metode analisis kinerja seorang olahragawan. Ilmu Keolahragaan sebagai program studi ditinjau dalam tiga perspektif cabang ilmu, yaitu terapan, kesehatan, dan sosial. Jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk menjadi pelatih atletik, manajer kebugaran, pelatih, ahli fisiologi olahraga, dan lain-lain.

2 - Fisioterapi

Seperti yang kita pahami, olahraga bisa berbahaya bagi tubuh. Misalnya seorang pemain bola yang mengalami cedera tendon. Nah, untuk memulihkan keadaan tersebut, seorang atlet memerlukan fisioterapi.

Fisioterapi adalah pengobatan cedera, penyakit dan gangguan yang dilakukan dengan metode fisik. Metode yang dimaksud meliputi olahraga, pijat, dan manipulasi. Adapun tujuan dari fisioterapi adalah untuk mengoptimalkan dan mempertahankan gerakan tubuh, terutama bagi mereka yang mengalami penurunan bahkan kehilangan mobilitas.

Photo by Terry Shultz P.T. on Unsplash

Jurusan ini sangatlah dibutuhkan di bidang olahraga mengingat jurusan ini akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan fungsinya. Selain itu, jurusan Fisioterapi juga akan dilengkapi dengan ilmu cabang lainnya yang semakin mendukung orang-orang yang mempelajarinya. Mulai dari Manual Therapy, Evidence-Based Practice Physiotherapy, Ilmu Gerak, sampai Psikologi Fisioterapi. Lulusan jurusan ini sungguh dibutuhkan oleh rumah sakit, klinik, dan tidak lupa, pusat kebugaran.

3 - Psikologi

Loh, kok psikologi? Kamu mungkin berpikir bahwa psikologi adalah jurusan yang paling jauh dari hal-hal berbau olahraga. Tapi, pikiran manusia saling berkaitan dengan aktivitas fisik dan juga olahraga.

Photo by Julia Taubitz on Unsplash

Ketika mempelajari ilmu psikologi, kamu akan menemukan sub-spesialisasi psikologi yang secara khusus menangani olahraga. Biasanya, disebut sebagai psikologi olahraga. Ilmu tersebut akan mempelajari bagaimana menangani masalah mental unik yang dihadapi oleh para atlet, misalnya tekanan intens. Selain itu, ilmu psikologi olahraga juga akan mengkaji cara pemulihan psikologis para atlet dari cedera. Psikolog olahraga pun dapat bekerja untuk meningkatkan kinerja dan memberi motivasi kepada atlet.

4 - Ilmu Gizi

Olahraga merupakan gaya hidup. Untuk atlet, setiap kalori, karbohidrat, protein, dan vitamin yang mereka konsumsi sangatlah penting. Mereka harus selalu memastikan fisik dan mental mereka dalam keadaan fit, apalagi saat berlatih dan bertanding. Oleh karena itu, mereka membutuhkan orang-orang yang bisa memberi mereka nasihat tentang hal tersebut.

Photo by Tangerine Newt on Unsplash

Ilmu gizi, lebih spesifiknya ilmu gizi olahraga, akan memfokuskan studinya pada jenis dan jumlah cairan dan makanan yang dikonsumsi oleh atlet. Ilmu itu juga mempelajari suplemen energi dan pemulihan yang tepat untuk meningkatkan performa seorang atlet.

5 - Jurnalistik

Awalnya terkesan tidak nyambung, tapi jurusan jurnalistik bisa membantu kamu mengekspresikan kecintaanmu terhadap olahraga. Kamu bisa menyebarkan pemikiran dan perasaanmu kepada masyarakat yang luas.

Photo by Chiang Rai Times on Google

Sebagai jurnalis olahraga, kamu akan bisa bekerja di mana saja. Mulai dari surat kabar, stasiun radio, situs web, hingga saluran TV. Dalam lingkup pekerjaan ini, kamu akan mewawancarai pelatih dan atlet, melaporkan berita olahraga, memberi komentar olahraga, dan berspekulasi tentang pertandingan di masa depan.

Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan banyak atlet, bahkan menghadiri pertandingan internasional. Bukankah kedua hal itu terdengar sangat menyenangkan?

PENUTUP

Itulah 5 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan dan pelajari lebih lanjut kalau kamu ingin mengambil jurusan seputar olahraga. Jangan lupa bahwa masih ada banyak jurusan olahraga lainnya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah meyakinkan dirimu sendiri bahwa karir di bidang olahraga memang apa yang kamu inginkan, lalu melakukan riset lebih dalam terkait jurusan atau program studi yang menyediakan materi pembelajaran mumpuni sesuai dengan minatmu.

Previous
Previous

5 Jenis Istirahat yang Harus Kamu Tahu dan Lakukan!

Next
Next

Suka Main Game? Pertimbangkan 5 Jurusan Ini