Suka Main Game? Pertimbangkan 5 Jurusan Ini

Kebanyakan orang tua mungkin akan menganggap bermain video game sebagai sebuah aktivitas yang buang-buang waktu. Tapi, banyak penelitian di dunia yang mengatakan sebaliknya. Main video game bisa membuat seseorang lebih pintar dan kekuatan otak meningkat.

Photo by Sam Pak on Unsplash

Ketika bermain video game, kita semua semestinya sudah menyadari bahwa orang-orang di balik permainan itu sungguhlah brilian. Mereka punya keahlian dalam mendongeng atau menyusun cerita, serta nilai plus dalam dunia seni karena mereka bisa mewujudkan ide-ide mereka ke dalam bentuk sebuah permainan. Coba renungkan, kira-kira seberapa besar kreativitas yang mereka miliki?

Bagaimanapun juga, karir dalam dunia video game sangatlah kompetitif. Oleh karena itu, jika kamu ingin terjun ke dalamnya, maka kamu harus memiliki latar belakang pendidikan yang tepat supaya kamu bisa diperlengkapi dengan ilmu yang mumpuni.

Photo by Carl Raw on Unsplash

Apa saja sih bidang keilmuan atau jurusan yang cocok diambil para gamer? Berikut merupakan 5 dari begitu banyak pilihan lainnya. Simak yuk!

1 - Ilmu Komputer (Computer Science)

Ilmu komputer adalah salah satu jurusan terbaik yang bisa diambil seseorang jika ingin berkecimpung dalam dunia game. Dalam prosesnya, kamu akan mendapatkan pengetahuan luas tentang komputer dan mempelajari bagaimana cara membuat program. Tidak hanya itu, kamu tentunya akan diajar untuk mengembangkan perangkat lunak. Bahkan, kamu juga akan belajar banyak hal tentang arsitektur jaringan. Dari sini saja, kita bisa sepakat bahwa ilmu komputer adalah sebuah titik awal yang bagus untuk para gamer.

Di era saat ini, di mana ilmu data dan kecerdasan buatan semakin maju, tersedia begitu banyak peluang kerja bagi orang-orang yang punya gelar ilmu komputer. Laporan dari Forum Ekonomi Dunia 2020 menyatakan bahwa kecerdasan buatan dan otomatisasi akan menghasilkan kurang lebih 97 juta pekerjaan pada tahun 2025. Sungguh sebuah proyeksi yang mengesankan, bukan? Orang bergelar ilmu komputer bisa bekerja dalam banyak peran, misalnya sebagai analis keamanan informasi, pakar pembelajaran mesin, atau pengembang perangkat lunak. Tentu saja, gelar ilmu komputer juga bisa membuat seseorang menjadi pengembang game.

2 - Pemrograman dan Pengembangan Video Game (Video Game Programming and Development)

Jurusan ini akan membuat kamu punya dasar-dasar yang dibutuhkan untuk membuat game sendiri. Kamu akan belajar tentang pemodelan dan animasi, bersamaan dengan informasi penting terkait grafik digital. Gelar dalam pemrograman dan pengembangan video game juga akan mempersiapkan kamu untuk memanfaatkan teknologi dan teknik pengembangan game dalam menciptakan pengalaman yang luar biasa.

Materi-materi yang ada dalam jurusan ini akan mengajarkan kamu bagaimana cara mengelola game. Kamu juga akan belajar tentang teori permainan, desain antarmuka, dan produksi pengembangan game. Bahkan, kamu bisa mempelajari bagaimana lingkungan dalam sebuah permainan virtual bisa menciptakan pengalaman menarik bagi pemain menggunakan desain aturan, interaksi sosial, dan prosedur bermain. Tentunya, kurikulum untuk jurusan ini mengharuskanmu untuk belajar dasar-dasar matematika, pengkodean (coding), dan teknik. Tapi jangan keburu berubah pikiran, semua hal-hal yang kamu pelajari pasti akan mendukung kamu untuk bisa membuat permainan 2D dan 3D untuk platform yang berbeda-beda.

3 - Animasi Komputer (Computer Animation)

Melalui jurusan ini, kamu akan dibiasakan untuk menggunakan metode animasi digital dan analog. Kamu akan belajar bagaimana mengembangkan sebuah karakter dan menyusun jalan cerita, serta bagaimana membawa proyek permainan dari awal sampai pasca produksi. Keseruannya belum berhenti sampai di situ, karena kamu akan terlibat dalam kelas-kelas mendongeng, menggambar, dan pemodelan 3D.

Orang-orang yang mengambil jurusan animasi cenderung akan mengerti bagaimana membuat aset digital dari konsep awal sampai selesai. Hal ini adalah keterampilan yang sangat dihargai oleh industri video game. Secara keseluruhan, jurusan ini akan melibatkan banyak kreativitas, sebuah elemen yang sangat diperlukan dalam game. Setuju, kan?

4 - Desain Media Interaktif dan Seni Permainan (Interactive Media Design and Game Art)

Jurusan ini cocok untuk orang-orang yang ingin berfokus pada sisi artistik atau visual dari sebuah game. Materi pembelajarannya akan berputar dalam radar shading, animasi, dan pencahayaan. Bidang ilmu ini juga akan mengajarkan bagaimana elemen desain lainnya bisa menambahkan daya tarik visual ke video game yang sedang dibuat.

Jika kamu punya gelar dalam desain media interaktif dan seni permainan, kamu akan paham cara kerja video game dari dalam ke luar. Kamu akan belajar cara membuat desain inti game dan menceritakan sebuah kisah menarik selama game berlangsung. Sangatlah menarik untuk mengambil jurusan ini karena kamu akan mengembangkan keterampilan seni, audio, menulis, dan animasi. Semua keterampilan tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan permainan interaktif yang membuat seorang pemain sulit berhenti main.

5 - Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

Jurusan rekayasa perangkat lunak adalah pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin punya karir di video game. Kamu akan belajar cara membuat perangkat lunak untuk game yang ingin kamu ciptakan, serta cara memeliharanya. Selain itu, kamu akan belajar bagaimana bekerja dengan bahasa pemrograman yang berbeda, yang nantinya akan mempersiapkan kamu untuk pembuatan video game.

Setelah lulus, kamu pasti akan paham mengenai platform sistem yang berbeda, sebagai elemen utama untuk mengoperasikan video game di berbagai aplikasi. Misalnya, ketika kamu ingin menciptakan permainan yang bisa beroperasi di ponsel dan komputer.

PENUTUP

Itulah 5 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu ingin masuk lebih dalam ke dunia video game di masa yang akan datang. Apakah ada yang menarik perhatianmu?

Photo by Andre Hunter on Unsplash

Tentu saja masih ada banyak pilihan yang belum dikaji dalam artikel ini, sehingga sangatlah penting untukmu menelusuri lebih lanjut tentang bidang keilmuan apa saja yang tersedia dan yang cocok. Akhir kata, jangan takut untuk memilih jurusan kuliah yang benar-benar bisa mendukungmu mewujudkan mimpi, minat, dan bakat menjadi realita. Semoga berhasil!

Previous
Previous

Suka Olahraga? Ini 5 Jurusan yang Bisa Kamu Pilih

Next
Next

5 Tips Menaklukkan Hari Senin! No More Monday Blues~