5 Tips Menaklukkan Hari Senin! No More Monday Blues~

Apakah kamu merasa sedih, cemas, atau stress di awal minggu yang baru? Apakah kamu sering kurang semangat dan motivasi di Senin pagi? Apakah kamu cenderung bergerak lambat atau tegang di waktu tersebut?

Jika iya, jangan merasa tidak enak. Banyak orang yang akan menganggukkan kepala ketika ditanya seperti itu. Banyak orang tidak menggemari hari Senin.

Photo by Matthew Henry on Unsplash

Sebenarnya hal itu tidak disebabkan karena hari Senin adalah hari yang tidak mereka sukai, bahkan benci, tapi karena apa yang harus mereka lakukan ketika bangun dari tidur.

Kamu setuju, kan? Mungkin Senin pagi mengingatkanmu tentang seberapa banyak tugas yang harus diselesaikan, atau seberapa banyak meeting yang harus kamu hadiri selama satu pekan ke depan.

Walaupun begitu, pada kenyataannya kamu tidak boleh menjadikan hari Senin sebagai alasan untuk tidak menjalani hari dengan sebaik-baiknya. Hari Senin itu sama dengan hari-hari lainnya. Bahkan, hari Senin bisa menjadi hari terbaik dalam seminggu.

Jadi, jangan cemberut ketika harus menyambut dan menjalani hari Senin. Ikuti 5 cara di bawah ini untuk bisa memperlakukan pekan yang baru seperti malam Minggu.

5 Cara Menaklukkan Hari Senin!

#1 Jangan bahagia hanya di akhir pekan

Apakah kamu salah satu orang yang cenderung lebih bahagia di akhir pekan? Yuk belajar untuk tidak hanya menunggu hari Sabtu dan Minggu, tapi juga memiliki kegembiraan dan merencanakan hal-hal menyenangkan selama satu pekan. Pada kenyataannya, kamu bisa kok bersenang-senang di hari lain selain Sabtu dan Minggu.

Ada 7 hari dalam satu minggu, pastikan semuanya berarti. Coba pikir-pikir lagi, sebenarnya bisa gak sih kamu bersantai-santai di hari Senin? Saat istirahat dari pekerjaan, apakah mungkin untukmu bermain game sebentar dengan teman atau minum kopi?

Hari kerja sungguh-sungguh berbeda dengan hari yang suram. Kamu bisa bahagia walaupun tidak sedang menikmati akhir pekan.

#2 Istirahat di hari Minggu

Ketika mendengar kata ‘akhir pekan’, tidak jarang yang muncul di pemikiran banyak orang adalah aktivitas seru. Mulai dari nonton film, bermain di taman hiburan, sampai tinggal di rumah teman ramai-ramai untuk menggelar game night.

Semua kemungkinan aktivitas yang akan terjadi di akhir pekan itu menyenangkan. Semua boleh dilakukan. Hanya saja, kamu sebaiknya melakukan hal-hal itu di hari Jumat atau Sabtu. Sehingga kamu bisa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri di hari Minggu.

Apakah itu memanjakan diri sendiri, berolahraga, atau menyiapkan makanan khusus untuk beberapa hari di minggu berikutnya, ‘me time’ akan menetralkan perasaanmu. Kamu punya alokasi waktu dan energi yang seimbang, baik itu untuk pekerjaanmu, untuk kehidupan sosialmu, dan untuk dirimu sendiri.

#3 Jangan kebanyakan tidur di akhir pekan

Tidur sampai siang di hari libur memang sangat menggoda, bahkan sulit untuk ditolak. Namun walaupun begitu, kamu sebaiknya berpegang pada jadwal tidur yang sama setiap harinya. Ini akan membantumu menyesuaikan diri dengan mode kerja di hari Senin.

Plus, menjaga jadwal tidur yang teratur bisa memberimu kualitas istirahat yang baik. Akhirnya, kamu punya lebih banyak energi dan suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, kalau kamu bangun pagi pada hari Sabtu dan Minggu, apakah akan sulit untuk bangun pagi pada hari Senin? Tentu tidak, kan?

#4 Siapkan Senin pagi di Minggu malam

Menghilangkan sedikit beban di Senin pagi bisa membuat keseluruhan awal pekan lebih bisa ditoleransi. Pada Minggu malam, kamu bisa menyiapkan pakaian yang akan kamu gunakan di keesokan hari, membungkus makan siang yang enak untuk bekal ke sekolah/kantor, juga mengatur isi tas sekolah/kantor. Bagian terpenting adalah mengatur ulang alarm supaya kamu bangun tepat waktu dan tidak terlambat bekerja.

#5 Sebarkan energi positif

Selagi kamu bersiap-siap untuk pergi ke sekolah/kantor, pasang musik kesukaanmu. Musik bisa meningkatkan suasana hati, sehingga dengan kata lain, musik bisa berkontribusi pada hari Senin yang lebih bahagia.

Lagu apa sih yang akhir-akhir ini membuat kamu bahagia?

By the way, energi positif memang sulit untuk dipelihara. Tapi, tetaplah mencoba. Kamu bisa ngobrol ramah dengan sopir taksi, penjaga toko, rekan kerja, dan lain-lain. Bangunlah momentum sosial untuk dirimu sendiri sebelum dan selama menjalani hari Senin.

PENUTUP

Itulah 5 hal yang bisa membuatmu menaklukkan hari Senin. Ingatlah bahwa hari Senin bukanlah musuh. Kamu tidak perlu merasa terbebani untuk memulai pekan yang baru. Alih-alih, ambil langkah kecil yang bisa membuat harimu lebih baik. Perubahan kecil setiap hari akan berdampak besar di kemudian hari.

Quotes of the Week:

Mencintai hari Senin sama dengan mencintai hari apa pun.

Previous
Previous

Suka Main Game? Pertimbangkan 5 Jurusan Ini

Next
Next

5 Rekomendasi Film untuk Waktu Luang