Perlengkapan Wajib Anak Rantau!

Apakah kamu adalah calon anak rantau yang pergi ke luar kota (atau bahkan negeri) untuk melanjutkan studi? Wah, artinya kamu sudah harus siap untuk berkemas dan berangkat! Berkemas untuk tahun pertamamu di perguruan tinggi bisa sangat menegangkan, terutama jika kamu pergi ke luar negeri. Tetapi ada beberapa hal penting yang harus kamu kemas untuk membuat hidup sedikit lebih mudah saat masuk perguruan tinggi.

Photo by rnaol on Unsplash

Berikut adalah beberapa saran tentang hal-hal yang wajib kamu bawa untuk tahun pertama merantau.

1 - Barang Penting

Obat

Kamu mungkin akan jatuh sakit setidaknya sekali saat kuliah. Jika kamu bepergian jauh untuk kuliah, orang tua tidak akan ada di sana untuk merawatmu saat sakit. Jadi, pastikan kamu mengemas obat-obatan yang sudah kamu kenal atau sering pakai! Percayalah, tidak menyenangkan harus pergi ke apotek ketika sedang flu parah. Sebenarnya kamu tidak perlu mengingat semua obat yang kamu minum. Kamu selalu bisa meminta orang tua atau saudaramu untuk menuliskan kegunaan masing-masing obat agar kamu tidak bingung.

Peralatan mandi

Jika kamu tinggal di asrama, kamu mungkin akan berbagi kamar mandi dengan orang lain. Bawalah sepatu mandi, seperti sendal jepit atau sepatu karet, agar kaki tetap bersih saat pergi ke dan dari kamar mandi.

Tempat untuk mengemas alat-alat mandi juga sangat penting agar kamu bisa membawa semua keperluan mandi (sabun, sampo, dll) ke kamar mandi. Miliki pouch yang cukup besar dengan pegangan sehingga kamu dapat dengan mudah membawanya ke mana pun kamu pergi!

Pakaian untuk berbagai cuaca dan acara

Pastikan untuk mencari tahu seperti apa cuaca di tempat kuliahmu dan berkemaslah sesuai kebutuhan. Jika kamu pergi ke tempat yang dingin, kemas pakaian yang berlapis-lapis. Kamu juga dapat membeli jaket besar saat tiba di sana untuk menghemat ruang di bagasi kamu. Untuk saat ini, fokuslah mengemas sweater dan hoodies.

Selain itu, jangan lupa untuk mengemas pakaian formal. Ini akan berguna untuk acara formal, wawancara, dan presentasi yang mungkin perlu kamu lakukan di sepanjang perjalanan kuliah!

2 - Barang Lainnya

Foto dan catatan

Kamu mungkin akan rindu rumah jika pergi ke perguruan tinggi yang jauh dari keluarga. Pastikan untuk mengemas beberapa foto dan dekorasi lain yang dapat mengingatkan kamu pada rumah dan juga membuat ruang baru terasa nyaman.

Perangkat elektronik

Pastikan untuk mengemas semua perangkat yang ingin kamu bawa, termasuk pengisi daya (charger) dan adaptor. Setiap negara akan memiliki colokan yang berbeda, jadi pastikan kamu membeli adaptor jika diperlukan sehingga kamu dapat mengisi daya semua perangkat saat tiba di sana!

Mendapatkan kabel ekstensi juga membantu, sehingga kamu memiliki lebih dari cukup outlet di asrama untuk menyambungkan perangkat kamu.

Bantal dan sprei

Kamu tidak perlu mengemas bantal dan sprei kamu sendiri — kamu dapat membelinya saat masuk kuliah, tetapi ini dapat menghemat waktu kamu. Selain itu, jika ada jenis bantal atau sprei tertentu yang kamu perlukan untuk tidur, lebih baik mengemasnya dari rumah agar kamu dapat tidur dengan nyaman di tempat baru! Pastikan juga untuk mendapatkan ukuran sprei yang tepat untuk tempat tidur asrama kamu (kebanyakan tempat tidur asrama perguruan tinggi berukuran Twin XL).

PENUTUP

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan oleh para mahasiswa rantau. Semoga daftar ini membantu kamu dalam mempersiapkan diri ya.

Previous
Previous

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penulisan Akademik Perguruan Tinggi

Next
Next

10 Pilihan Karir Lulusan Arsitektur