10 Pilihan Karir Lulusan Arsitektur

Apakah kamu seorang mahasiswa/i arsitektur? Atau apakah kamu seorang lulusan arsitektur? Sudah tahukah kamu kalau ada banyak pilihan pekerjaan dan karir yang bisa kamu kejar dengan gelar itu, walaupun tidak terkait langsung dengan menjadi seorang arsitek?

Kamu bisa menemukan pekerjaan yang memungkinkan kamu berkarya di bidang yang erat kaitannya dengan arsitektur. Kenapa? Karena dalam dunia arsitektur, kamu mempelajari keterampilan yang dapat diterapkan ke banyak bidang lainnya.

Photo by Joel Filipe on Unsplash

Keterampilan tersebut misalnya:

  • Berpikir kreatif

  • Desain visual

  • Menggambar

  • Menyusun perencanaan

  • Manajemen proyek

  • Manajemen klien

  • Keterampilan berhitung atau matematika

  • Kemampuan analisis

  • Kemampuan komunikasi

  • Pemrograman komputer

  • Pemodelan perangkat lunak

  • Kerjasama dalam tim

  • Kepemimpinan

Dengan semua keterampilan di atas dan keterampilan lainnya, kamu punya banyak peluang untuk bersinar di dunia kerja yang kamu inginkan. Menariknya, seorang lulusan arsitektur bisa bekerja di bidang seni, desain, dan bahkan layanan publik!

Berikut beberapa contoh pekerjaan untuk lulusan arsitektur.

1 - Desainer Grafis

Bekerja sebagai seorang desainer grafis adalah cara yang bagus untuk mengejar sesuatu yang lebih kreatif dengan semua keterampilan yang telah kamu pelajari sebagai jurusan arsitek! Sepanjang kelas atau kuliah, kamu akan belajar keterampilan desain dan menggambar. Meskipun keterampilan ini dapat diterapkan secara berbeda (membuat desain visual yang kreatif daripada membuat denah), profesi ini tetap memanfaatkan keterampilan yang telah kamu pelajari!

2 - Desainer Interior

Ini juga merupakan jalur karir yang lebih kreatif, di mana seorang desainer interior merencanakan dan membangun ruang yang nyaman dan menarik secara visual bagi klien mereka. Keterampilan yang telah kamu pelajari dalam desain visual dan penyusunan dapat benar-benar membantu kamu berhasil dalam pilihan karir ini.

3 - Framer

Jika kamu suka untuk melakukan lebih banyak pekerjaan lapangan, ini mungkin jalur karir yang potensial untukmu. Seorang framer menggunakan keterampilan pertukangan dan teknik untuk membuat atau memperbaiki kerangka struktur bangunan. Pekerjaan mereka juga termasuk menilai kebutuhan dan masalah bangunan, menyusun rencana, dan melakukan pengukuran yang diperlukan untuk memotong dan membentuk bahan rangka bangunan. Framer membantu membangun bangunan yang secara struktural sehat.

4 - Ahli Teknologi Arsitektur

Apakah kamu menikmati praktik artistik dan praktis dari arsitek dan insinyur? Mengapa tidak menjadi seorang teknolog arsitektur dan menjadi seperti penghubung antara keduanya? Di sini, kamu tidak hanya perlu memiliki keterampilan teknis untuk menyusun draf, tetapi juga perlu terlibat dalam proyek untuk mengemukakan masalah apa pun: lingkungan, pengukuran, dll.

5 - Manajer Restorasi

Apakah kamu senang belajar tentang bangunan bersejarah? Ini akan menjadi pekerjaan yang bagus untuk kamu pertimbangkan. Pengelola restorasi bangunan berfokus pada pelestarian dan pelestarian bangunan, struktur, dan juga monumen bersejarah. Tugas mereka termasuk mencari tahu cara melestarikan bahan asli struktur (kayu, baja, granit, dll.) agar tidak membusuk seiring waktu, serta cara menangani pembusukan saat atau telah terjadi.

6 - Arsitek Rekreasi

Ingin mendesain ruang publik, tetapi tidak ingin berurusan secara khusus dengan bangunan? Kamu mungkin akan suka untuk mendesain sebuah wahana atau media rekreasi. Ini termasuk merancang dan mengelola ruang lahan seperti taman, tempat tinggal, dan bahkan kuburan dan hotel! Jika kamu tertarik dengan lingkungan, ini juga merupakan pilihan yang bagus karena kamu akan berusaha merancang ruang yang tidak hanya bagus untuk komunitas, tetapi juga untuk kesehatan lingkungan.

7 - Perencana Kota

Jika kamu menikmati mendesain ruang untuk publik, cobalah menjadi seorang perencana kota. Pekerjaanmu akan mencakup melihat kode bangunan dan kebijakan publik, dan menciptakan ruang yang mematuhi semua peraturan. Ini adalah cara yang bagus untuk melayani komunitasmu, dengan menciptakan ruang yang dapat digunakan semua orang: keluarga, teman, dll.

8 - Sejarawan Arsitektur

Apakah kamu tertarik dengan sejarah dan gemar menasihati orang lain tentang cara terbaik merawat bangunan, struktur, dan ruang lainnya? Ini mungkin pekerjaan yang tepat untukmu. Di sini, nantinya kamu juga dapat mengkhususkan perjalanan karir pada apa yang ingin kamu lestarikan: dampak lingkungan, monumen bersejarah, dll.

9 - Insinyur Struktural

Jika kamu suka mempelajari keterampilan teknik selama studi dan ingin memanfaatkannya dengan baik, cobalah mencari untuk menjadi insinyur struktur. Ini akan menjadi tugasmu untuk merancang, membuat perhitungan, dan menyediakan bahan yang akan memastikan keamanan struktural berbagai infrastruktur (jembatan, bangunan, dll.) Kamu juga akan bertugas untuk memilih dan merancang bahan yang akan tahan terhadap erosi alami dan kondisi lingkungan.

10 - Pemeriksa Bangunan Bersejarah

Sebagai inspektur bangunan bersejarah, kamu akan bertugas mengunjungi dan memeriksa situs bersejarah. Kamu akan memberi tahu cara terbaik melestarikan situs, dan bahkan dapat terlibat dalam proyek yang membantu memberi manfaat bagi masyarakat, ekonomi, dan lingkungan. Ini adalah bidang yang kompetitif. Tetapi jika kamu memiliki minat yang kuat dalam arsitektur dan undang-undang bersejarah, ini akan sangat cocok untukmu!

Previous
Previous

Perlengkapan Wajib Anak Rantau!

Next
Next

Buat & Optimalkan Profil LinkedIn untuk Masa Depan