Buat & Optimalkan Profil LinkedIn untuk Masa Depan

Baik masih pelajar atau lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan, penting untukmu memiliki profil LinkedIn. Ini bukan sesuatu yang dipikirkan sebagian besar siswa, tetapi LinkedIn adalah alat yang ampuh untuk berbagi pencapaian pendidikan dan karir, serta untuk mencari pekerjaan! Di LinkedIn, kamu dapat terhubung dengan kolega dan alumni, dan bahkan menemukan peluang kerja. Namun dengan ratusan juta profil di LinkedIn, bagaimana kamu bisa membuat LinkedIn milikmu menonjol? Berikut beberapa tipsnya!

Photo by Greg Bulla on Unsplash

1. Lengkapi Profil Anda

Sama seperti membuat akun apa pun, kamu perlu mengisi informasi profilmu di LinkedIn. Namun, tidak seperti platform lain, setiap bagian di LinkedIn penting. Jadi sebaiknya kamu mengisinya dengan lengkap sesuai kemampuan. Calon majikan atau rekruter lebih cenderung melihat profil yang lengkap daripada yang tidak.

Profil LinkedIn itu seperti resume, jadi kamu ingin memastikan bahwa itu dikemas dengan informasi. Di profilmu, kamu dapat menulis tentang siapa kamu, apa yang kamu lakukan, keterampilan apa yang kamu miliki, dan pengalaman apa yang kamu miliki. LinkedIn juga lebih cenderung “mempromosikan” profil yang lengkap.

2. Pasang Foto Profesional

Jika kamu sedang mencari peluang kerja, kesan pertama itu penting. Setiap kali kamu mengirimkan resume ke perusahaan, kemungkinan besar mereka akan melihat profil LinkedIn milikmu. Jadi, kamu ingin memastikan profilmu terlihat profesional, dan itu termasuk fotomu!

Jika memungkinkan, pasanglah foto yang profesional. Sebenarnya tidak harus diambil di studio atau oleh fotografer terkenal. Kamu dapat meminta seseorang untuk mengambil foto dengan kualitas tinggi (sebaiknya menggunakan kamera) di depan latar belakang polos (seperti dinding putih). Pastikan rambut, tata rias, dan pakaianmu juga profesional. Sebagian besar foto profesional diambil dari bahu ke atas, dan subjek harus melihat ke kamera.

3. Tulis Biodata Pribadi yang Menarik

Jika kamu pernah melamar ke perguruan tinggi sebelumnya, kamu pasti tahu betapa pentingnya pernyataan pribadi yang meyakinkan. Biodata pribadi LinkedIn memang seperti itu! Kamu ingin memastikan bahwa kamu memamerkan dan menyoroti siapa dirimu serta keahlian dan pencapaianmu. Ini adalah bagaimana kamu dapat membedakan diri dari orang lain.

Jangan hanya menulis garis waktu karir dan pendidikanmu. Alih-alih, pikirkan benar-benar tentang apa yang mungkin ingin diketahui oleh calon pemberi kerja tentang kamu dan gunakan pengalaman dan contoh kehidupan nyata:

  • Bagaimana kamu bisa membantu mereka?

  • Mengapa mereka harus memilih kamu?

  • Mengapa kamu cocok untuk peran itu?

  • Apa yang membuat kamu lebih baik dari pelamar lainnya?

Kamu tidak ingin membuat bio terlalu panjang, tetapi kamu menginginkannya dikemas dengan informasi. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan poin-poin jika kamu ingin menampilkan informasi sebanyak mungkin.

4. Dapatkan Rekomendasi

LinkedIn memungkinkan kamu untuk menampilkan rekomendasi orang lain tentang dirimu. Rekomendasi ini bertindak seperti surat rekomendasi atau kesaksian profesional dari orang-orang yang pernah bekerja dengan kamu. Jika kamu pernah bekerja di suatu tempat sebelumnya, jangan takut untuk meminta kolega atau atasan kamu untuk menulis rekomendasi untuk kamu di LinkedIn.

Rekomendasi ini menambah lapisan kredibilitas ekstra pada keterampilan dan pencapaianmu. Orang-orang ini bersaksi tentang apa yang kamu katakan dapat kamu lakukan.

5. Bangun Jaringan

Pada intinya, LinkedIn adalah situs jaringan. Jadi, jika kamu ingin membangun koneksi, LinkedIn adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk melakukannya! Kamu dapat menemukan teman, kolega, dan bahkan alumni atau orang asing yang ingin kamu hubungi. Bertujuan untuk terhubung dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang sama dengan kamu atau yang ingin kamu masuki. Tujuannya di sini adalah untuk memperkenalkan dirimu!

Jika ingin terhubung dengan seseorang yang belum kamu kenal, coba kirimkan undangan yang dipersonalisasi dan kirimkan pesan kepada mereka. Kamu dapat memberi tahu mereka bahwa kamu ingin tahu lebih banyak tentang mereka dan bagaimana mereka mencapai posisi mereka dalam karier karena kamu memiliki minat dan tujuan yang sama.

Bergabung dengan grup juga merupakan cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang (alih-alih mengirimkan undangan individu ke banyak orang). Ada grup untuk hampir semua hal di LinkedIn. Jadi, jika kamu memiliki minat atau tujuan tertentu, temukan grup yang sesuai dengan apa yang kamu cari! Ada grup untuk kamu di luar sana, kamu hanya perlu menemukannya!

Previous
Previous

10 Pilihan Karir Lulusan Arsitektur

Next
Next

Learn from Steve Jobs!