Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Dapatkan!

Sudahkah kamu tahu bahwa kamu bisa mendapatkan beasiswa yang tidak berbasis nilai? Sampai hari ini, masih ada banyak pelajar yang belum mengetahui apa saja jenis-jenis beasiswa yang bisa mereka peroleh. Pada akhirnya, mereka tidak menggunakan sumber daya yang mereka miliki dengan semaksimal mungkin. Padahal beasiswa itu sendiri akan membantu para pelajar untuk menghemat biaya pendidikan.

Artikel ini akan membahas 5 jenis beasiswa, selain beasiswa berbasis nilai, yang bisa kamu lamar. Yuk simak!

Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Sebagai seorang pelajar, salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa, kemudian berusaha untuk mendapatkannya. Ada banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Kamu tidak perlu khawatir jika kamu merasa bahwa kamu tidak memiliki nilai akademis yang menonjol, karena tidak semua beasiswa diberikan karena alasan akademik. Bahkan, tidak semua beasiswa yang ditawarkan di luar sana mengharuskan kamu menulis esai! Tersedia juga beasiswa yang bisa kamu lamar dengan cara menjadi dirimu sendiri. Sudah mulai penasaran, kan?

Berikut 5 jenis beasiswa yang tidak melihat nilai akademismu!

Need-Based Scholarships: Beasiswa Berbasis Kebutuhan

Jenis beasiswa ini ditujukan kepada pelajar yang membutuhkan bantuan keuangan. Sebagian besar perguruan tinggi akan meminta bukti situasi keuangan dari para pelamar. Seseorang yang ingin mengajukan jenis beasiswa ini harus bisa menunjukkan kepada pihak sekolah bahwa mereka memerlukan bantuan keuangan untuk bersekolah dan membayar biaya sekolah. Walaupun jenis beasiswa ini memang berbasis kebutuhan, ada beberapa beasiswa yang juga memerlukan nilai IPK atau nilai ujian dengan batas minimum tertentu. Jadi, jika kamu berminat untuk mencari beasiswa jenis ini, jangan lupa untuk perhatikan syarat dan ketentuannya ya…

Identity-Based Scholarships: Beasiswa Berbasis Identitas

Seseorang yang termasuk dalam kelompok minoritas atau kurang terwakili berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa jenis ini. Kelompok yang dimaksud di sini mencakup latar belakang dan/atau etnis tertentu, atau ketidakmampuan belajar atau dan/atau mobilitas. Umumnya, kamu akan sering menemukan beasiswa berbasis identitas dari organisasi pihak ketiga. Dengan kata lain, kalau kamu mengincar jenis beasiswa ini, kamu harus terampil dalam melakukan penelitian.

Government Scholarships: Beasiswa Pemerintah

Tahukah kamu kalau sebagian besar pemerintah di dunia punya beasiswa yang berbeda-beda, yang mereka tawarkan kepada pelajar setiap tahunnya? Beasiswa tersebut bervariasi, tergantung di mana kamu tinggal. Untuk mendapatkan beasiswa pemerintah, kamu bisa melakukan penelitian untuk melihat apakah pemerintah di sebuah negara tertentu menyediakan bantuan untuk pelajar dalam bentuk beasiswa.

Athletic Scholarships: Beasiswa Atletik

Apakah kamu suka berolahraga dan ingin mendalami bidang tersebut di perguruan tinggi? Jika iya, kamu bisa melamar beasiswa atletik. Beberapa beasiswa atletik bisa membantu pelajar untuk masuk ke sekolah pilihan tanpa harus membayar uang sekolah. Ayo lakukan riset dan temukan sekolah yang bisa menawarkan bantuan keuangan yang kamu inginkan dan butuhkan. Kamu juga harus ingat bahwa ketika kamu mengajikan permohonan beasiswa atletik, kamu harus benar-benar menunjukkan kemampuan atletik yang kamu punya.

Activity-Based Scholarships: Beasiswa Berbasis Kegiatan

Jenis beasiswa ini diberikan kepada pelajar yang mengikuti sebuah kegiatan tertentu, atau yang memiliki hobi tertentu, juga yang menjalankan sebuah profesi tertentu. Beasiswa ini juga seringkali difasilitasi oleh organisasi atau yayasan pihak ketiga yang bersedia membantu dan mendukung para pelajar dengan minat atau keterlibatan dalam kegiatan tertentu. Kegiatan bisa mencakup pekerjaan untuk keadilan sosial, aktivitas lingkungan, politik, pengabdian masyarakat, dan lain-lain.

Saat kamu melamar ke perguruan tinggi, jangan lupa untuk mencari, meriset, dan mengajukan permohonan beasiswa. Selain itu, jangan berhenti pada beasiswa yang disediakan oleh sekolah, tapi cari juga beasiswa lain yang ditawarkan oleh organisasi pihak ketiga. Semoga berhasil!

Previous
Previous

10 Sastra Klasik yang Harus Kamu Baca!

Next
Next

Ubah Kebosanan Menjadi Kreativitas!