10 Sastra Klasik yang Harus Kamu Baca!

Apakah kamu suka baca buku? Simak artikel ini dan temukan 10 buku klasik yang sangat layak kamu baca!

1. To Kill A Mockingbird oleh Harper Lee

Meskipun penuh dengan humor, misteri, dan cinta keluarga, novel ini sebenarnya mencakup beberapa topik yang berat. Mulai dari ketidaksetaraan rasial, ketidakadilan, hingga pelecehan seksual. Sehingga, buku ini menawarkan wawasan yang sangat menarik melalui sudut pandang seorang gadis muda.

2. The Great Gatsby oleh F. Scott Fitzgerald

Dianggap sebagai salah satu novel Amerika terhebat sepanjang masa, buku ini mengungkap seperti apa “American Dream” terlihat dan terasa. Melalui buku ini, pembaca bisa menyelami kemewahan dekade Flapper Amerika dan menikmati prosa serta kritik sosial yang mengalir dengan begitu lancar.

3. Pride and Prejudice oleh Jane Austen

Selain menulis salah satu kalimat pembuka paling terkenal, Jane Austen juga menulis salah satu kisah cinta paling terkenal dalam sastra. Buku ini akan membuat pembaca menikmati kisah cinta yang penuh humor dan lika-liku di setiap halaman, serta menyaksikan dua karakter yang berbeda saling jatuh cinta.

4. A Tale of Two Cities oleh Charles Dickens

Ditetapkan selama Revolusi Prancis, buku ini menceritakan kisah cinta, kesetiaan, dan tugas yang akhir ceritanya mungkin membuat pembaca menangis. Di dalamnya, pembaca bisa menemukan kekerasan selama pergolakan pemberontakan melalui sudut pandang sebuah keluarga yang hanya berusaha untuk bertahan hidup, tentunya dengan bumbu-bumbu penuh rasa dari karakter menarik lainnya.

5. Frankenstein oleh Mary Shelley

Frankenstein lebih dari sekedar cerita tentang seorang ilmuwan yang menciptakan monster dari mayat. Ini adalah kisah kemanusiaan dan cinta yang memiliki sentuhan horor, tentang alam vs. pengasuhan. Buku ini mengajak pembaca menelusuri bagaimana Frankenstein mengetahui keindahan dan kejahatan dunia melalui alam, orang di dalamnya, dan buku.

6. Little Women oleh Louisa May Alcott

Buku ini tentang empat saudari yang mencari tahu tentang romansa, tugas keluarga, dan tragedi. Terinspirasi oleh kehidupan pribadi penulisnya, novel ini adalah buku mengharukan yang menceritakan kisah empat gadis yang mencoba mencari cara untuk menjalani kehidupan dalam masyarakat yang berpusat pada laki-laki.

7. Romeo and Juliet oleh Willian Shakespeare

Ada lebih banyak kisah Romeo dan Juliet yang harus diketahui lebih daripada kisah cinta mereka. Shakespeare menulis buku ini dengan brilian dan tidak akan membuat pembaca bisa berhenti berimajinasi. Bahasanya penuh dengan humor, gairah, pengkhianatan, dan bahkan darah. Semua komponen dalam cerita ini sangatlah hebat, menjadikan kisah cinta Romeo dan Juliet sangat menarik dan tak tergantikan.

8. 1984 oleh George Orwell

Pernahkah kamu mendengar istilah “Big Brother”? Istilah itu datang dari novel ini. Penulis Orwell membangun sebuah dunia dystopian di mana Big Brother, sebuah badan pemerintah, mengawasi populasi manusia di bawah naungannya dengan begitu ketat. Kisah ini lebih mengerikan dari apa yang bisa dibayangkan karena kita sudah hidup di zaman teknologi dan informasi. Penasaran, kah?

9. The Outsiders oleh S. E. Hinton

Penulis Hinton masih remaja ketika menulis novel ini. Hal tersebut menjadikan buku ini sebuah bacaan yang sempurna untuk remaja. Menjelajahi masalah keluarga, persahabatan, kekerasan, dan bahkan alkohol, The Outsiders mungkin bisa menjadi buku yang mudah dipahami. Ceritanya begitu dekat dengan keseharian kita!

10. Fahrenheit 451 oleh Ray Bradbury

Dianggap sebagai salah satu fiksi ilmiah klasik, Fahrenheit 451 mengeksplorasi masyarakat di mana buku adalah hal ilegal dan teknologi merenggut nyawa. Kira-kira apa yang terjadi ketika karakter utama dalam buku ini bertemu dengan seseorang yang menjungkirbalikkan semua yang dia ketahui tentang dunia? Penulis Ray Bradbury mengeksplorasi dunia dystopian, sehingga buku ini menjadi sedikit gelap tapi tentu saja tidak bisa membuat hal lain merenggut perhatian pembaca.

Previous
Previous

5 Movie Recommendations for Your Free Time!

Next
Next

Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Dapatkan!