Jangan Lewatkan Sarapan!

Rise and shine… Di suatu pagi, kamu sibuk berlari-lari di rumah karena tidak mau datang terlambat ke sekolah atau kantor. Kamu memikirkan jadwal padat di hari itu, tugas-tugas yang harus tuntas, dan secangkir kopi. Semuanya ada di pikiranmu, kecuali sarapan.

Kamu mungkin berpikir bahwa rekomendasi untuk melewatkan sarapan adalah saran yang baik. Namun, bukankah kamu membutuhkan bahan bakar yang cukup untuk menjalankan hari?

Pada kenyataannya, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sarapan adalah makanan terpenting yang harus kita konsumsi setiap harinya. Manfaat paling menarik yang bisa kita peroleh dari sarapan adalah meningkatkannya metabolisme. Artinya, kita akan membakar kalori lebih banyak sepanjang hari.

Photo by Ben Kolde on Unsplash

Berikut merupakan beberapa manfaat lain yang bisa kita rasakan.

1 - Sarapan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi penting

Selain sebagai bahan bakar untuk tubuh kita, sarapan juga menyediakan nutrisi penting. Orang-orang yang sarapan punya kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka secara keseluruhan.

Lebih lagi, mereka yang makan pagi akan makan lebih banyak buah, minum lebih banyak susu, dan mengkonsumsi lebih sedikit lemak daripada mereka yang tidak sarapan. Ketika seseorang melewatkan sarapan, mereka biasanya kekurangan nutrisi penting yang terlewatkan pada makanan pertama, misalnya kalsium, protein, atau zat besi.

2 - Sarapan meningkatkan tingkat energi

Makan pagi memberikan energi pada tubuh kita. Orang yang sarapan umumnya menunjukkan peningkatan aktivitas fisik sepanjang hari, jika dibandingkan dengan mereka yang melewatkannya.

Energi tersebut tentu akan membantu kita dalam beraktivitas sepanjang hari. Kita jadi bisa fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan, serta menunjukkan performa yang bagus ketika berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, karena energi meningkatkan aktivitas fisik, maka tentu saja kita akan terbantu dalam mencegah penambahan berat badan dan kelelahan.

3 - Sarapan menstimulasi atau mengaktifkan otak

Dengan makan pagi, kita akan punya kemampuan yang lebih baik untuk fokus, bernalar, dan memproses informasi. Ini berhubungan dengan manfaat di poin sebelumnya.

Ketika kita aktif secara fisik, otak kita akan bekerja dengan optimal dan maksimal. Setiap gerakan yang kita lakukan akan membuat darah mengalir ke otak. Hal ini seperti mengisi ulang otak agar bisa terus beroperasi dengan baik.

Di bawah ini merupakan pilihan sarapan yang cocok untuk bisa mencapai manfaat tersebut.

  • SENIN - sandwich isi alpukat dan telur dengan buah beri

  • SELASA - overnight oatmeal yang telah disiapkan malam sebelumnya dengan buah blueberry dan kacang kenari

  • RABU - ikan salmon dengan potongan buah

  • KAMIS - buah persik yang segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan keju

  • JUMAT - protein pilihan dengan 2-3 potong keju, anggur, kacang almond, dan telur rebus

  • SABTU - dua telur dadar dengan paprika (merah, hijau, kuning), bawang, dan tomat

  • MINGGU - yogurt polos dengan tiga buah favorit dan kacang kenari di atasnya

Karena sarapan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, bagaimana jika mulai saat ini kamu membiasakan diri untuk melakukannya?

Jadikan Sarapan sebagai Kebiasaan… Ini Tipsnya!

Tips 1 : Tetapkan tujuan

Langkah pertama untuk membangun kebiasaan baru adalah menetapkan tujuan yang realistis. Jika sebelumnya kamu tidak pernah sarapan sama sekali, maka akan tidak realistis untuk meyakini bahwa kamu tiba-tiba akan melakukannya setiap hari.

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Oleh karena itu, pikirkan tentang gaya hidup mingguan yang akan kamu jalani ketika kamu makan pagi. Beberapa pertanyaan yang bisa membantumu berimajinasi, misalnya:

  • Apakah kamu suka bangun pagi setiap hari untuk mempersiapkan sarapan?

  • Apakah hari kerjamu konsisten atau berbeda-beda setiap harinya?

  • Apakah kamu lebih menyukai rutinitas atau jadwal yang lebih fleksibel dan bebas?

Dengan menjawab pertanyaan di atas, kamu akan terbantu dalam memutuskan tujuan akhir apa yang ingin dicapai. Setelah itu, tentukan tujuan jangka pendek yang bisa kamu usahakan selagi berjuang mencapai tujuan jangka panjang.

Misalnya tujuan akhirmu adalah sarapan setiap hari. Kamu bisa mulai dengan tujuan jangka pendek seperti makan pagi setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Setelah hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek berikutnya. Lakukan sampai tujuan akhirmu tercapai.

Tips 2 : Luangkan waktu

Setelah kamu punya tujuan, langkah berikutnya adalah menyisihkan waktu untuk mencapainya. Ada banyak kegiatan yang bisa menyita pagi harimu. Identifikasi hal apa saja yang selama ini banyak membuatmu menghabiskan waktu secara cuma-cuma, kemudian alokasikan waktu tersebut untuk sarapan.

Apakah kamu selalu menekan tombol ‘snooze’ beberapa kali sebelum benar-benar bangun dari tempat tidur? Apakah kamu sering terjebak dalam berita terbaru atau media sosial? Apakah memeriksa email menjadi hal lumrah yang kamu lakukan setelah membuka mata?

Tinjau lagi waktu dan aktivitasmu di pagi hari. Lalu, ubah kebiasaan yang buruk atau yang kurang berguna menjadi kebiasaan makan pagi.

Tips 3 : Mulailah dengan hal kecil

Setelah kamu meninjau dan mengatur ulang waktu serta kegiatan di pagi hari, kamu mungkin mendapatkan bahwa kamu memang tidak punya cukup banyak waktu untuk menyiapkan sarapan yang rumit sebelum berangkat ke sekolah atau kantor.

Photo by Jainath Ponnala on Unsplash

Untuk kasus ini, kamu bisa memulai dari hal yang kecil dan ringan. Pilihlah makanan yang mudah untuk dimakan, tapi tetap mengandung banyak nutrisi. Ada beberapa pilihan makanan cepat saji yang bisa kamu konsumsi di pagi hari selagi membangun kebiasaan sarapan:

  • Telur rebus

  • Yogurt

  • Havermut

  • Chia seeds

  • Kacang-kacangan

  • Buah beri

Tips 4 : Bangun 15 menit lebih pagi

Tips lain yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak punya waktu adalah bangun 15 menit lebih awal. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan makanan dan menikmatinya dengan perasaan tenang tanpa adanya risiko terlambat datang ke sekolah atau kantor.

Tips 5 : Makan makanan yang disukai

Mungkin tips ini terdengar obvious. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang berjuang untuk sarapan setiap hari karena mereka mencoba makanan yang menurut mereka sehat.

Sebenarnya tidak ada aturan bahwa kita harus makan sehat setiap hari, walaupun memang kita akan merasakan banyak manfaat kesehatan jika melakukannya. Tapi jika kamu sedang menginginkan kombinasi muffin coklat dan kopi hitam pada hari-hari tertentu, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk makan alpukat dan telur rebus.

Ini akan membuat kamu tidak stres dalam membangun kebiasaan makan pagi. Perjalananmu juga akan terasa lebih menyenangkan dan bisa dinikmati.

Photo by Crystal Huff on Unsplash

PENUTUP

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa melihat sarapan dengan cara yang berbeda. Sarapan punya banyak manfaat yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu, kamu perlu membangun kebiasaan makan pagi. Kamu bisa menggunakan 5 tips yang sudah dijelaskan di atas.

Previous
Previous

3 Pola Pikir yang Bisa Membuatmu Sukses!

Next
Next

Belajar dari JEFF BEZOS!