Belajar Hal Baru Setiap Hari

Pernahkah kamu memiliki teman yang selalu merasa penasaran? Sedikit-sedikit, selalu bertanya. Sedikit-sedikit, selalu mencari tahu lebih. Rasanya seperti temanmu itu selalu berharap untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasannya.

Aku punya teman seperti itu. Menariknya adalah, dia berusia lebih dari 20 tahun. Kenapa aku mendadak menyebutkan usia? Umumnya, ketika seseorang bertambah tua, mereka akan terjebak dalam kehidupan sehari-hari yang monoton. Mulai dari pekerjaan yang padat, sampai konflik dengan teman atau keluarga. Hal tersebut membuat kebanyakan orang dewasa sulit untuk terus belajar sesuatu yang baru setiap hari.

Padahal, rasa penasaran itu perlu dipertahankan karena hal tersebut akan memberikan banyak sekali perspektif baru, serta memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Belajar hal baru setiap harinya membuat dia menjadi seseorang yang lebih baik.

Semakin kita belajar sesuatu yang baru, semakin tumbuh juga rasa ingin tahu dalam diri kita.

Hasilnya, pembelajaran akan hal-hal yang belum kita tahu sebelumnya mendorong kita menjadi orang yang kreatif, yang cenderung memikirkan solusi out-of-the-box untuk masalah sehari-hari. Kita akan punya kedalaman karakter yang berbeda dari orang lain. Bahkan, kita juga bisa menginspirasi orang-orang di sekitar kita.

Photo by Road Trip with Raj on Unsplash

Kalau kita mau memikirkan manfaat lain dari belajar hal-hal baru, daftarnya akan panjang sekali. Misalnya…

1: Stres berkurang

Pelajaran atau hobi baru bisa menjadi pereda stres karena membantu kita keluar dari pola perilaku normal kita. Hal-hal baru memberikan otak kita sesuatu untuk dipikirkan, selain kekhawatiran kita sehari-hari.

2: Kepercayaan diri meningkat

Ketika kita berhasil belajar sesuatu, kita akan merasa lebih baik. Kita akan lebih percaya pada diri dan percaya pada kemampuan kita sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas baru. Karena kepercayaan diri yang terbentuk inilah, kita bisa memiliki pola pikir yang konstruktif saat berusaha menuntaskan semua tanggung jawab yang sudah kita miliki, atau yang baru kita kenal saat itu.

3: Kesehatan mental terjaga, bahkan meningkat

Belajar hal baru punya dampak positif pada kesejahteraan mental kita karena belajar membantu kita menetapkan tujuan atau target. Tidak hanya itu, belajar membantu kita dalam mencari cara untuk mencapainya. Rasa pencapaian ini merupakan bagian penting dari melakukan sebuah pekerjaan dengan baik.

4: Bersenang-senang

Belajar itu mengasyikkan! Dunia ini penuh dengan keterampilan dan hal-hal menarik. Ketika kita mau berproses dari awal sampai akhir, kita akan mendapatkan rasa kesenangan dan manfaat yang tidak selalu bisa dideskripsikan dengan kata-kata.

5: Menemukan kembali bagian diri yang lain

Banyak dari kita menyerah pada suatu hal yang dulunya sangat memberikan kita perasaan antusias dan ambisius. Dulu, kita sangat fokus pada proses yang kita lalui untuk mengejar hal itu. Tapi, kadang-kadang semuanya tidak berjalan mulus sesuai rencana dan harapan. Oleh karena itu, tidakkah kita ingin tahu apakah kita punya keterampilan dan potensi dalam diri yang selama ini terkubur?

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Sejauh ini, kita bisa menyadari bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita mempelajari sesuatu yang baru setiap hari. Jika demikian, bagaimana jika kita mencoba untuk membangun kebiasaan itu? Ya, kebiasaan mempelajari sesuatu yang baru.

Mungkin kebiasaan ini terdengar sangat sulit untuk bisa diwujudkan. Namun, ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bisa merealisasikannya!

5 Cara Membangun Kebiasaan Belajar Hal Baru Setiap Hari

1 - Membaca berita setiap hari

Membaca berita mungkin tidak memancing rasa penasaran kita, tapi jika kita rutin mengkonsumsi konten berita dengan perhatian penuh, kita bisa mulai mencari tahu lebih dalam terkait sebuah topik.

Ini bisa mendorong kita untuk mencari informasi yang belum kita ketahui sebelumnya!

2 - Mendengarkan podcast

Aku sangat suka mendengarkan podcast! Podcast adalah cara yang menarik, mudah, dan efektif untuk menambah pengetahuan tanpa usaha terlalu keras.

Kita bisa melakukan beberapa aktivitas tertentu sambil mendengarkan podcast. Misalnya saat mencuci piring, menjemur baju, atau makan, kita hanya perlu mencolokkan earphone ke telinga kita dan mulai menyerap ilmu-ilmu baru.

Knowledge and insights become more accessible for us because of podcasts. Let’s use it well!

3 - Selalu bertanya “mengapa”

Setiap kali kita menemukan sebuah konsep atau informasi yang tidak dengan mudah kita pahami atau cerna, ungkapkan pertanyaan pada diri sendiri untuk mengungkapkan misteri di balik itu. Lalu, kita bisa melakukan riset atau bertanya kepada orang lain untuk menemukan jawabannya.

Melontarkan pertanyaan selalu membantu kita mendapatkan pengetahuan baru. Kita tidak perlu merasa takut untuk bertanya, karena rasa ingin tahu tidak pernah sia-sia.

4 - Anggap kesalahan sebagai pelajaran, bukan kegagalan

Jangan pernah putus asa ketika melakukan kesalahan. Kesalahan yang kita buat dalam keseharian merupakan pelajaran tentang apa yang perlu dilakukan dengan lebih baik di lain waktu. Kita tidak boleh membiarkan kesalahan kecil membuat kita berkecil hati.

Ketika kita memperlakukan kesalahan sebagai peluang untuk mempelajari sesuatu yang baru, kita akan membebaskan diri dari beban harapan yang tidak realistis dan belajar menerima diri ketika berbuat salah.

5 - Ngobrol dengan orang lain

Orang lain yang aku maksud termasuk teman, mentor, ahli dalam sebuah bidang, atau orang yang punya pemikiran yang berbeda dengan kita. Ketika kita menghabiskan beberapa waktu untuk ngobrol dengan orang lain, kita akan mendapatkan kesempatan untuk mendengar cerita mereka.

Dari cerita-cerita itu, kita pasti akan menemukan satu atau dua hal yang bisa kita pelajari. Selain itu, akan ada hal-hal menarik yang bisa kita bahas lebih dalam lagi dengan mereka. Pada akhirnya, kita belajar sesuatu yang baru bersama-sama.

Photo by Dmitry Ratushny on Unsplash

PENUTUP

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan secara konsisten supaya bisa mempelajari sesuatu yang baru setiap harinya.

Di era sekarang, hal-hal di sekitar kita terus berubah. Namun seiring dengan bertambahnya usia, hidup kita akan terkesan semakin monoton. Oleh karena itu, kita perlu memiliki pikiran yang terbuka dan aktif untuk menerima pembelajaran baru.

Kira-kira, hal baru apa yang akan kamu pelajari hari ini?

Previous
Previous

3 Cara Dengerin Lebih Banyak Podcast

Next
Next

3 Positive Mindset Changes