3 Cara Dengerin Lebih Banyak Podcast

Apakah kamu suka mendengarkan podcast? Pernahkah kamu berpikir bahwa kamu akan merasakan lebih banyak manfaat jika kamu lebih sering terpapar podcast? Artikel ini akan membahas 3 cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa mendengarkan lebih banyak podcast. Simak terus ya!

Photo by C D-X on Unsplash

Seperti yang kita sama-sama tau, mendengarkan podcast adalah cara yang bagus untuk menjaga diri kita tetap up to date dengan pengetahuan dunia tanpa berusaha terlalu keras untuk belajar atau membaca.

Saat ini sudah banyak sekali podcast hebat yang beroperasi. Banyak pula content creator yang muncul dengan ide-ide luar biasa setiap hari.

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari mendengar podcast, sehingga kegiatan sederhana ini sangatlah baik apabila menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari. Sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa membangun kebiasaan itu? Bagaimana kita bisa mendengarkan lebih banyak podcast? Yuk belajar bersama-sama!

1 - Dengarkan podcast selagi melakukan pekerjaan kasar

Mendengarkan podcast adalah salah satu latihan yang bagus untuk membuat tugas-tugas ‘membosankan’ menjadi lebih menyenangkan. Kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari mendengar podcast tanpa perlu mengorbankan waktu belajar atau mengerjakan tugas.

Pilihlah pekerjaan yang tidak memerlukan perhatian penuh. Memasak, membersihkan dapur, mencuci piring, mencuci pakaian, atau menjemur baju. Tugas-tugas ini tidak menghabiskan banyak energi untuk berpikir.

Ketika kita mendengarkan podcast, kita pun juga akan lebih mudah menyelesaikan beberapa tugas sekaligus. Waktu akan terasa seperti berjalan lebih cepat dan pekerjaanmu tidak semembosankan itu.

2 - Atur dan urutkan podcast yang ingin didengar

Mendengarkan narator yang sama selama berhari-hari bisa melelahkan. Untuk memastikan kita bisa mendapatkan hasil dan manfaat maksimal dari kebiasaan baru ‘mendengarkan podcast setiap hari’, kita bisa mengacak playlist podcast yang kita punya dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan efisiensi.

Selain itu, kita bisa memilih podcast yang benar-benar kita suka. Jangan ragu untuk menghilangkan podcast yang kurang nyaman untuk kita dengarkan, tidak peduli berapa banyak ulasan baik yang dimilikinya.

3 - Temukan aplikasi yang tepat

Menurut beberapa orang, mendengarkan podcast lebih baik dilakukan menggunakan aplikasi. Jika kita hendak mencoba mengikuti anjuran tersebut, kita bisa mengatur podcast seperti apa yang ingin kita dengarkan. Kita juga bisa berlangganan podcast atau show favorit di sana.

Keuntungan yang paling menarik adalah kita bisa menemukan berbagai macam podcast baru, yang mungkin tidak akan kita temukan kalau kita tidak memakai aplikasi.

Nah, fitur aplikasi memainkan peran yang besar dalam seberapa menyenangkan pengalaman kita mendengarkan podcast. Contohnya, beberapa aplikasi tidak memiliki opsi pengatur waktu tidur, sehingga dapat mempersulit kita untuk mendengarkan podcast sebelum tidur.

Oleh karena itu, kita harus memilih aplikasi dengan semua fitur yang kita cari, yang membuat kita nyaman. Berikut merupakan beberapa rekomendasi aplikasi podcast dari Team Parama Suteja yang bisa kamu coba.

  • Spotify

    • Menyediakan musik dan podcast di tempat yang sama, sehingga kamu mudah beralih antara podcast dan musik tanpa harus mengubah aplikasi.

    • Memiliki fitur Daily Drive Playlist yang menampilkan musik dan podcast sesuai dengan seleramu. Semuanya dipersonalisasi khusus untukmu.

  • PlayerFM

    • Menyediakan berbagai pilihan sub-topik. Ada lebih dari 500 sub-topik pilihan!

    • Memiliki fitur menonton podcast video.

    • Mengimpor podcast jika PlayerFM tidak memiliki podcast yang sedang ingin kamu dengarkan.

  • Google Podcasts

    • Memiliki kecepatan pemutaran yang lebih cepat.

    • Menyediakan banyak sekali sub-topik menarik.

    • Tampilan yang bersih dan sederhana akan membuat kamu nyaman dalam menggunakan.

    • Sama seperti PlayerFM, Google Podcast memperbolehkan kamu mengimpor podcast yang tidak tersedia di sana.

    • Memberikan playlist yang dipersonalisasi sesuai kesukaanmu.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membangun kebiasaan mendengarkan podcast setiap hari, supaya kita bisa mendengarkan lebih banyak podcast.

Dalam artikel ini, Team Parama Suteja juga akan membagikan beberapa podcast yang menarik dan menginspirasi. Kamu bisa coba dengarkan dan membagikannya kepada orang-orang terdekatmu.

1. 70 Over 70

Podcast ini tentang bagaimana kita memanfaatkan waktu yang tersisa. Seseorang bernama Max Linsky berbicara kepada 70 orang luar biasa yang semuanya berusia 70 tahun. Mereka tidak hanya menceritakan masa lalu mereka, tapi juga kehidupan mereka saat ini.

“Apa artinya hidup dengan baik?”

“Apa yang kita cari dalam hidup ini?”

“Bagaimana cara kita belajar untuk melepaskan?”

Semua pertanyaan besar yang seringkali kita tanyakan pada diri kita sendiri dibahas di podcast ini.

2. How to Fail With Elizabeth Day

Seorang jurnalis bernama Elizabeth Day ngobrol dengan orang-orang yang tampaknya sukses. Mereka membahas saat-saat mereka jatuh dan gagal, serta bagaimana mereka bangkit kembali.

Percakapan dalam podcast ini sangat jujur. Aku yakin kamu akan terinspirasi!

3. TED Talks Daily

Podcast ini secara rutin menyediakan pembicaraan baru yang membahas pemikiran tentang setiap subjek yang bisa kamu bayangkan. Pembicaranya pun adalah tokoh-tokoh yang terkemuka di dunia.

Menurut kami, podcast ini bisa mengubah perspektifmu, menyalakan tombol rasa penasaranmu, dan membuatmu belajar sesuatu yang baru. Try it!

PENUTUP

Learn everything you can, anytime you can, from anyone you can. There will always come a time when you will be grateful you did. - Sarah Caldwell

Semoga artikel ini bermanfaat!

Previous
Previous

5 Healthy Mental Health Practices

Next
Next

Belajar Hal Baru Setiap Hari