Belajar dari ELON MUSK!

Elon Musk adalah salah satu ikon bisnis yang paling berdampak pada abad ke-21. Setelah Steve Jobs meninggal, Elon Musk menduduki posisi utama di ranah para pemimpin bisnis yang visioner.

Aku yakin tidak ada orang di dunia ini yang akan menolak kesempatan untuk belajar dari Elon Musk. Karirnya sangat luar biasa!

Elon Musk adalah salah satu pria yang paling kreatif dan inovatif saat ini. Beliau mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan teknologi baru yang bermanaat bagi dunia.

Jadi, apa yang bisa kita pelajari dari Elon Musk?

1 - Membaca, membaca, dan membaca

Ada seseorang yang bertanya kepada Elon Musk, “Kamu tidak memiliki gelar apapun terkait dengan aeronautika (ilmu penerbangan) tapi kamu berhasil mendirikan SpaceX, perusahaan roket swasta yang paling sukses. Bagaimana kamu bisa melakukannya?”

Elon Musk menjawab, “Saya banyak membaca!”

Photo by Alfons Morales on Unsplash

Sejak kecil, Elon Musk sudah menjadi seorang pembaca yang ambisius. Dia percaya bahwa semua hal di muka bumi ini bisa dipelajari secara otodidak. Ada satu cerita menarik tentang Elon Musk yang harus kalian tahu.

Dia pernah pergi ke Rusia beberapa kali untuk meminta bantuan dalam mendesain roket SpaceX. Tidak ada ilmuwan Rusia yang menganggapnya serius. Mereka menolak ide-ide liar yang dilontarkan oleh Elon Musk.

Penolakan ini mendorong Elon Musk untuk belajar bagaimana merancang sebuah roket. Dia terbang kembali ke rumah, membaca banyak buku, dan mencoba berbagai macam eksperimen. Akhirnya, SpaceX pun berhasil didirikan.

Walaupun Elon Musk adalah seseorang yang jenius, kita bisa belajar bahwa kebiasaan membaca akan membuat kita memiliki lebih banyak wawasan dan pengetahuan. Dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, kita dapat melatih diri untuk berpikir kritis dan kreatif. Sehingga dengan pemikiran itu, kita bisa berjuang mencapai tujuan.

2 - Mengolaborasikan ide

Mungkin kita selalu berpikir bahwa inovasi yang sekarang sudah berhasil dibuat merupakan hasil dari ide yang sudah dipikirkan dengan matang oleh seseorang. Namun pada kenyataannya, karya Elon Musk menunjukkan nilai kolaborasi yang kuat.

Elon Musk menggabungkan dua ide yang berbeda untuk membuat sesuatu yang baru. Dia menghubungkan ‘perjalanan luar angkasa’ dengan ‘traveling’, ‘pelestarian’ dengan ‘mobil’, dan ‘otak manusia’ dengan ‘komputer’.

Ide-ide yang dicetuskan oleh Elon Musk tidak semuanya masuk akal, tapi sangat inovatif dan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk direalisasikan di waktu yang akan datang.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Di saat kita merasa kita tidak memiliki ide baru, kita bisa mencoba untuk menghubungkan ide-ide lama dengan cara baru untuk menemukan sebuah solusi baru dan lebih baik.

Apakah kamu ingin membeli mobil baru? Pikirkan sepuluh cara kamu bisa mendapatkannya. Tidak ada ide yang terlalu aneh. Semua gagasan yang muncul akan mendorong otakmu untuk mengolaborasikan ide-ide tersebut.

Dengan menerapkan metode berpikir seperti ini, kita akan terbiasa dengan cara berpikir yang lebih luas, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

3 - Melakukan hal-hal yang sesuai dengan passion, tapi juga mengeksplorasi diri melalui minat

Elon Musk menenggelamkan diri dalam minat dan *passion-*nya. Tapi di sisi lain, dia memiliki ketertarikan atau minat yang tinggi dalam banyak hal.

Passion seorang Elon Musk adalah teknologi, tapi dia memiliki minat untuk mempelajari perjalanan ruang angkasa, internet, energi yang sustainable, dan transportasi.

Dengan minat-minat tersebut, dia berhasil membuat perusahaannya berkembang. Yang lebih penting, dia sukses mengembangkan keahliannya.

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Kita seringkali diminta untuk mempelajari satu bidang tertentu sampai kita menjadi ahli. Mempersempit bidang studi kita sampai kita menemukan satu hal spesifik yang bisa kita kontribusikan ke masyarakat terdengar sangat familiar.

Kita tidak pernah diberitahu bahwa kita sebenarnya tidak perlu melakukan hal ini. Karena ternyata, mempelajari hal-hal baru membuat kita belajar keterampilan baru dan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan dunia.

Apa yang kamu minati? Apakah ada minat yang kamu tinggalkan karena terlalu sibuk mengulik passion? Pernahkah kamu berpikir bahwa minat yang kamu miliki tidak memberikan keuntungan sama sekali?

Sebaiknya kamu memberikan ruang untuk hal-hal yang membuatmu tertarik, karena kamu tidak pernah tahu kapan mereka bisa berbuah menjadi sesuatu yang luar biasa.

4 - Tidak takut akan kegagalan

Biasanya, alasan utama mengapa kita tidak berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan adalah karena kita takut gagal. Kita tidak mendekati orang yang kita sukai karena takut ditolak. Kita tidak melamar pekerjaan ke perusahaan impian karena takut tidak bisa bekerja dengan baik.

Elon Musk adalah seseorang yang tidak asing dengan kegagalan. Rasanya seperti kegagalan adalah teman baik dalam perjalanan karirnya. Dia pernah dua kali gagal meluncurkan roket SpaceX dan akhirnya harus kehilangan 60 juta dolar. Selain itu, Elon Musk juga pernah mengalami masalah ekonomi karena Tesla dan perusahaan lain yang dia investasikan.

Bagi Elon Musk, ketakutan untuk gagal merupakan hal yang normal, tapi berani mengambil langkah dan tekun untuk melanjutkan perjalanan meskipun gagal adalah apa yang membuat seseorang menonjol.

Photo by Josue Michel on Unsplash

Selain itu, kunci kesuksesan Elon Musk adalah toleransi terhadap rasa sakit yang timbul dari kegagalan. Dia tidak pernah peduli dengan kegagalan dan selalu mampu menanggung rasa sakit yang ada untuk mengatasi segala tantangan yang dia hadapi.

Elon Musk memiliki kemampuan luar biasa untuk bisa segera bangkit dari masa-masa sulit. Dia bisa bekerja di bawah tekanan yang hebat. Elon Musk mengaku bahwa kemampuannya untuk menoleransi rasa sakit yang luar biasa timbul dari masa kecilnya yang sulit.

Jadi, jika kita memang ingin mengalami kesuksesan yang luar biasa, kita harus siap untuk merasakan berbagai macam rasa sakit dan menggunakannya sebagai motivasi untuk tidak menyerah.

5 - Cari sebanyak mungkin kritik dan masukan dari orang lain

Kebanyakan orang takut untuk mendapatkan kritikan pedas dari orang lain. Mereka juga sulit untuk mendengarkan dan menerima masukan yang diberikan. Berbeda dengan Elon Musk yang selalu mencari kritikan dan masukan sebanyak-banyaknya sebagai cara untuk meningkatkan bisnis.

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Elon Musk mengklaim bahwa kritik yang dipikirkan dengan matang memiliki nilai yang sangat berharga. Kritik, jika diterima dengan semangat yang benar, dapat menunjukkan kelemahan yang perlu kita asah serta mengajar kita untuk memperbaikinya.

Constantly seek criticism. A well thought critique of what you are doing is as valuable as gold. - Elon Musk

Untuk itu, janganlah takut atau ragu untuk meminta kritik dan masukan dari orang lain, khususnya orang-orang yang kita percayai. Namun, pastikan orang-orang tersebut memang memiliki kerangka berpikir yang baik dan benar.

Kita sebaiknya meminta pendapat yang jujur tentang hasil pekerjaan, juga merangkul diri untuk menerima setiap perkataan mereka dengan hati dan pikiran yang terbuka. Setelah mendapatkan kritik dan masukan, kita juga harus memahami apa yang mereka katakan kemudian mempertimbangkannya dengan serius.

Dengan berani melakukan hal tersebut, kita akan terus belajar dan mempertajam kemampuan yang kita punya.

PENUTUP

Yuk sama-sama menggunakan 5 pelajaran di atas untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Semua pelajaran yang kita peroleh dari Elon Musk bisa mendorong kita untuk terus berusaha mencapai impian.

Previous
Previous

Orang Produktif TIDAK Melakukan 7 Hal Ini!

Next
Next

5 Cara Membaca Lebih Banyak Buku