5 Cara Membaca Lebih Banyak Buku

Aku punya seorang teman yang membaca lebih dari 100 buku dalam satu tahun. Ketika dia menyebutkan angka itu, aku sangat terkejut. Apakah dia punya waktu lebih dari 24 jam dalam sehari? Bagaimana caranya melakukan itu?

Temanku memberikan motivasi yang luar biasa. Menurutnya, membaca lebih banyak buku sangatlah mungkin untuk dilakukan setiap orang. Hanya saja, untuk mencapai hal tersebut diperlukan komitmen dan kemauan tinggi untuk membaca.

Setelah pertemuanku dengannya, aku memutuskan untuk mencoba membaca lebih banyak buku. Aku mengaplikasikan berbagai macam cara untuk bisa mencapai target tersebut. Tentu aja, ada cara yang berhasil, ada yang tidak.

Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

Dalam artikel ini, aku akan membagikan beberapa cara yang telah membuatku berhasil membaca lebih banyak buku. Kamu bisa menerapkannya dalam upaya mencapai tujuan.

Walaupun demikian, kamu juga wajib ingat bahwa tidak semua cara dalam artikel ini bekerja secara efektif untuk semua orang. Kamu tidak perlu mengikuti semua cara yang tercantum di sini, namun kamu harus tahu bahwa membaca harus menyenangkan dan menarik. Membaca tidak seharusnya menyiksa.

Aku harap 5 cara yang aku tuliskan dalam artikel ini bisa membantumu. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita langsung mulai…

1 - Tentukan berapa banyak halaman yang akan kamu baca setiap harinya dan ubah hal ini menjadi kebiasaan

Alih-alih mengatakan “Aku akan membaca satu buku dalam satu bulan”, cobalah membuat komitmen dalam diri untuk membaca 25 halaman dalam satu hari.

Jika kamu dengan konsisten melakukannya, kamu akan membaca 1000 halaman dalam 40 hari. Cara ini bahkan bisa membuatmu membaca lebih dari satu buku dalam sebulan.

Sebenarnya, membuat target untuk membaca satu buku dalam satu bulan itu baik. Apalagi membaca dua buku dalam sebulan. Hanya saja, kita punya banyak kesibukan lain yang harus dikerjakan.

Oleh karena itu, menetapkan jumlah halaman per hari akan mendorong kita untuk secara konsisten membaca. Sehingga pada akhirnya, kita benar-benar bisa membaca lebih banyak buku.

💡 Jadikan membaca bagian dari rutinitasmu!

2 - Buat membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan

Cari tahu bagaimana kamu bisa menikmati waktu ketika membaca buku. Setiap orang punya preferensi yang berbeda-beda tentang bagaimana membaca bisa menjadi aktivitas yang sangat memanjakan diri.

Ada yang suka membaca buku sambil berjalan-jalan di kompleks rumah.

Ada yang suka membaca buku di teras rumah karena sensasi angin yang sepoi-sepoi.

Ada yang suka membaca buku versi audio sambil berolahraga.

Ada yang suka membaca buku di sudut ruangan dengan lilin kecil yang menyala.

Ada yang suka membaca buku sambil memainkan musik rock dengan volume kencang.

Cobalah berbagai macam hal dan temukan mana yang paling cocok untukmu hanyut dalam buku.

Apakah dengan duduk di kedai kopi yang sepi dan membeli secangkir latte di sana?

Apakah dengan memasang lagu jazz dengan volume yang tidak terlalu keras?

Apakah dengan selonjoran di sofa rumah sambil sesekali menyeruput teh hangat?

Photo by Matias North on Unsplash

Omong-omong, kamu juga sangat diperbolehkan untuk mendengarkan audiobook. Ini termasuk kegiatan membaca. Setiap dari kita memiliki cara belajar dan menyimpan informasi yang berbeda.

Audiobook adalah salah satu dari banyak cara untuk menikmati buku yang bagus. Dengan audiobook, kita bisa membaca sambil menyetir mobil, memasak, atau kegiatan lainnya. Ini juga merupakan alternatif yang baik untuk menghindari kelelahan mata ketika kamu membaca banyak buku cetak atau buku digital.

3 - Jangan hanya membaca satu genre buku, tapi cobalah berbagai genre lainnya

Beberapa kali aku tidak bisa move on dari buku-buku yang menurutku sangat bagus. Namun, aku sadar bahwa hal tersebut merupakan sebuah hambatan untukku membaca buku lainnya.

Untuk mengatasi, aku terus menerus mengubah genre buku yang aku baca. Aku sangat merekomendasikan cara ini!

Photo by Ugur Akdemir on Unsplash

Jika kamu baru saja menyelesaikan buku science fiction, cobalah mencari buku mystery. Kalau kamu tidak bisa melupakan novel romance terakhir yang kamu baca, cobalah membaca buku memoir yang lucu.

Ini akan membuatmu tidak berhenti membaca buku. Lebih lagi, cara ini membantu untuk menghindari perbandingan secara langsung antara satu buku dengan buku lainnya dalam genre yang sama. Kamu bahkan tidak akan bingung tentang alur cerita atau karakter yang serupa.

Sebagai ‘pemula’, kamu mungkin juga belum mengerti buku seperti apa yang bisa membuatmu terus semangat membaca. Oleh karena itu, membaca berbagai macam genre akan menolong

💡 A variety of genres will help you discover what truly keeps your attention.

4 - Luangkan waktu istirahat dalam membaca untuk menghindari burnout

Ketahuilah batasan diri dan hindari kelelahan dalam membaca. Jangan paksakan diri untuk membaca terlalu banyak sampai kepala sakit, mata tegang, atau bahkan burnout.

Kita semua tahu bahwa membaca membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Jadi, beristirahatlah setelah kamu membaca begitu banyak halaman atau bab. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar, menikmati camilan kesukaan, atau menonton acara televisi yang menarik.

Hal penting lainnya adalah jangan merasa bersalah jika kamu perlu melewatkan satu hari untuk membaca. Ingatlah bahwa membaca itu seperti maraton, bukan sprint.

5 - Cari teman membaca atau reading buddy

Akan sangat membantu untuk memiliki seseorang yang menemani kita dalam sebuah proses mencapai tujuan. Carilah teman yang bisa membaca buku bersama-sama denganmu.

Photo by Alexis Brown on Unsplash

Kalian bisa mendiskusikan masing-masing buku yang sedang dibaca. Ini akan memberikan dorongan untuk membaca buku tersebut sampai akhir. Diskusi juga membuat kamu dan temanmu berpikir lebih kritis. Kalian pasti akan mendapatkan banyak sudut pandang baru dari satu sama lain, selain dari buku yang sedang kalian bahas. Sangat menarik, kan?

Selain itu, kalian juga bisa saling memberikan rekomendasi buku yang disukai. It’s a win-win!

Dengan memiliki seorang reading buddy, kamu tidak akan pernah merasa bahwa kamu berjuang sendirian. Kamu juga akan selalu menemukan kegembiraan dalam membaca.

Yuk membaca lebih banyak buku!

Sekali lagi kuingatkan… Membaca lebih banyak buku sangatlah mungkin untuk dilakukan setiap orang. Hanya saja, kamu harus punya komitmen dan kemauan tinggi untuk membaca. Semoga 5 cara di atas bisa membantumu ya… Selamat membaca!

Previous
Previous

Belajar dari ELON MUSK!

Next
Next

How to Make Your CV Stand Out and Get You an Interview