7 Pilihan Karir untuk Pecinta Public Speaking

Berbicara di depan umum adalah keterampilan yang penting di semua tempat kerja. Pada dasarnya, semua pekerjaan akan mendorong kita untuk bisa berbicara di depan banyak orang dan berinteraksi dengan mereka. Namun, ada beberapa pekerjaan yang berfokus lebih pada kemampuan public speaking. Artikel ini akan berbagi tentang pengertian, karakteristik penting, dan daftar pilihan karir menjanjikan dari public speaking. Simak artikel ini sampai habis, terutama jika kamu suka dan mahir berbicara di depan umum!

Photo by Kane Reinholdtsen on Unsplash

Apa sih public speaking itu?

Public speaking, alias berbicara di depan umum, adalah sebuah keterampilan untuk berkomunikasi dengan audiens. Mereka yang sedang berbicara di depan umum akan berdiri di hadapan audiens untuk menyampaikan suatu hal tertentu.

Kalau dilihat dari segi manfaat, public speaking memberikan keuntungan bagi mereka yang mahir. Misalnya keahlian dalam presentasi atau pidato kepada rekan kerja kantor, tim, pemimpin, investor, atau kelompok lainnya.

Karakter penting apa yang harus dimiliki oleh seseorang yang menekuni public speaking?

Dalam berbicara di depan umum, ada beberapa karakteristik yang bisa kamu perhatikan supaya kamu bisa terus mengasah kemampuan dan meningkatkannya.

  • Komunikasi

  • Kepemimpinan

  • Negosiasi

  • Kemampuan interpersonal

  • Mendengarkan secara aktif

  • Kepercayaan diri

  • Pengetahuan yang luas tentang topik tertentu

  • Semangat yang tinggi

Dari semua karakter di atas, mana karakter yang paling menonjol dan yang paling kurang dalam dirimu saat ini? Pertahankan dan terus tingkatkan apa yang sudah menonjol. Gali potensi diri lebih lagi melalui apa yang masih kurang.

7 Pilihan Karir Potensial untuk Para Pecinta Public Speaking

Jika kamu ingin terjun dalam pekerjaan yang memiliki komponen public speaking yang tinggi, kamu bisa mempertimbangkan 7 pilihan berikut ini.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

1: Tour guide atau pemandu wisata

Pekerjaan ini bertugas untuk menunjukkan kepada sekelompok orang sebuah tempat tertentu. Mulai dari kota, bangunan lokal yang khas, arsitektur bersejarah, sampai bidang minat lainnya. Seorang tour guide juga akan membuat perencanaan akan rute yang akan dilalui. Lebih lagi, kalau kamu menjadi seorang tour guide, kamu juga harus mengenal orang-orang yang terlibat dalam kelompok dan memberikan kepada mereka semua informasi tentang tur.

2: Guru

Mungkin semua orang sudah mengetahui dan memahami apa tugas seorang guru, yaitu mengajar murid-murid tentang topik tertentu. Guru juga membuat rencana pembelajaran, merancang dan memberikan pekerjaan rumah (PR), serta menilai pekerjaan murid. Tentu saja menjadi guru perlu keahlian public speaking yang baik. Tidak hanya itu, guru juga perlu bisa berkomunikasi dengan para orang tua/wali murid, kan? Sudah pasti seorang guru harus terampil berbicara di depan umum.

3: Aktor

Seorang aktor akan membaca naskah dan berkomunikasi sebagai sebuah karakter. Aktivitas ini dilakukan di depan banyak orang, misalnya sutradara, produser, aktor-aktor lainnya, dan masih banyak lagi. Apa yang mereka tampilkan biasanya menceritakan sebuah cerita, yang mana kemungkinan besar tayang dalam drama, di acara televisi, di film, atau di media lain.

4: Politikus

Kita semua tidak bisa meremehkan relevansi public speaking. Pernahkah kamu membayangkan dirimu didengar secara luas? Ini kesempatanmu untuk menjadi seorang politisi dan membuat banyak orang di dunia mendengarkan suaramu. Pemikiran yang nantinya kamu suarakan akan menjadi janji bagi masa depan sebuah kelompok tertentu.

5**: Motivator**

Peran seorang motivator dalam kehidupan orang-orang yang butuh harapan sangatlah besar. Mereka bisa menginspirasi orang lain untuk terus melangkah dan tidak menyerah. Tidak hanya itu, seorang motivator bisa membantu orang lain mengatasi masalah dan keterbatasan mereka. Untuk bisa menjadi seorang motivator yang handal, yang bisa berbagi pengalaman hidup dan meyakinkan orang-orang untuk berani membagikan masalah, membutuhkan kemampuan public speaking yang tidak sepele.

6: Pengajar/Pendidik Kesehatan

Seseorang yang menekuni bidang pekerjaan ini, terutama yang bekerja secara dekat dengan masyarakat, punya tanggung jawab untuk mengajar orang atau kelompok tertentu seputar kesehatan. Semua data yang mereka dapatkan dari riset ataupun pelaku riset harus bisa dikonversikan menjadi sebuah lokakarya/workshop tatap muka, dimana pengajar/pendidik kesehatan akan berbicara dengan peserta tentang masalah kesehatan juga bagaimana cara mengatasi kebutuhan yang ada. Sehingga, para peserta lokakarya nantinya diharapkan bisa mengakses perawatan kesehatan yang diperlukan. Tentu saja seorang pengajar/pendidik harus memiliki kemampuan public speaking yang luar biasa, supaya bisa menyampaikan materi dengan sesuai namun membangun.

7: Juru bicara

Mulai dari selebriti, politisi, sampai organisasi, juru bicara punya tanggung jawab yang besar. Bahkan bisa dibilang merekalah pihak satu-satunya yang menyampaikan pesan ke publik. Dengan kata lain, juru bicara merupakan wajah dari seseorang atau sebuah organisasi untuk sebuah tujuan komunikasi yang efektif. Kalau kamu berminat menjadi seorang juru bicara, kamu harus belajar bagaimana bisa berinteraksi dengan media profesional, penyelenggara acara, dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Previous
Previous

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Suka Makanan!

Next
Next

5 Jenis Istirahat yang Harus Kamu Tahu dan Lakukan!