5 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Suka Makanan!

Kecintaan seseorang akan makanan bisa dikembangkan. Ada banyak jurusan kuliah yang bisa mendukung seseorang untuk menjalankan karir dalam bidang kuliner. Artikel ini akan memberikan 5 di antaranya. Simak terus ya!

Pernahkah kamu berpikir untuk mendapatkan gelar dalam bidang kuliner? Gelar tersebut ternyata akan memberimu kesempatan untuk belajar bagaimana menyiapkan makanan, mengembangkan resep, melayani pelanggan di restoran, mendirikan usaha katering, dan mengatur layanan makanan lainnya.

Kalau kamu senang mengeksplorasi diri dan bereksperimen dengan makanan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan kuliah dalam bidang kuliner. Nanti, gelar yang kamu dapatkan bisa memberimu sertifikasi yang mumpuni untuk jadi seorang koki, baker, pastry chef, dan lain-lain.

Mengambil jurusan kuliah di bidang kuliner akan memakan waktu yang sama dengan jurusan kuliah lainnya secara umum, yaitu sekitar satu sampai empat tahun tergantung pada tujuanmu dan syarat-syarat program yang kamu ambil.

Photo by Mae Mu on Unsplash

Berikut merupakan 5 jurusan kuliah di bidang kuliner yang bisa kamu pertimbangkan…

1 - Tata Boga

Kamu akan belajar bagaimana bisa menjalankan sebuah bisnis makanan. Jurusan ini akan berfokus pada pengadaan makanan, pengetahuan dasar makanan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Hal yang mengasyikkan adalah kamu akan banyak memasak dan mencicipi makanan.

2 - Manajemen Kuliner

Sama halnya dengan jurusan tata boga, jurusan manajemen kuliner akan membantumu mencapai impian untuk mengelola usaha kuliner. Hanya saja, di jurusan ini kamu akan lebih banyak belajar tentang bagaimana kamu bisa mendapatkan konsumen dan menjaga mereka sebagai pelanggan. Kamu juga tentunya akan belajar untuk membuat menu makanan, menciptakan menu makanan yang baru dan unik, serta hal-hal tak terduga lainnya.

3 - Teknologi Pangan

Jurusan ini mungkin terdengar atau terkesan lebih berat dari dua jurusan sebelumnya. Namun, jurusan ini masih erat kaitannya dengan makanan. Kamu akan mempelajari teknologi dan penerapannya dalam memproses, mengemas, mengawetkan, dan mendistribusi makanan. Selain itu, tentunya kamu akan dilengkapi dengan pembelajaran terkait kandungan gizi dan pemilihan bahan dasar pangan. Kalau kamu berminat mengambil jurusan ini, kamu harus rajin mempelajari Biologi dan Kimia, karena nanti kamu akan banyak bermain dengan mikrobiologi, bioteknologi pangan, fermentasi makanan, dan lainnya.

4 - Nutrisi

Jurusan tentang nutrisi akan berfokus pada penelitian tentang kandungan gizi makanan. Pada dasarnya, jurusan ini memang lebih dekat dengan sains daripada dengan makanan itu sendiri. Namun, kalau kamu suka sains dan makanan, ini akan menjadi sebuah pilihan yang menarik! Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari setiap momen di perkuliahan nanti, karena kamu akan menyadari hal-hal seputar kualitas makanan yang baik. Sangat mengesankan apabila kamu bisa berfokus pada kualitas dan gizi makanan tapi juga tidak mengabaikan rasa yang enak. Setuju?

5 - Baking and Pastry

Apakah kamu suka dengan hal-hal berbau dessert? Jika iya, jurusan ini salah satu pilihan yang cocok untukmu! Kamu akan mempelajari hal-hal tentang patiseri. Mulai dari penggunaan alat, teknik pengolahan, teknik pembuatan, bahan-bahan, hingga kreasi penampilan makanan penutup.

Seberapa cintanya kamu dengan dunia kuliner?

Itulah 5 pilihan yang bisa kamu pertimbangkan kalau kamu ingin mengambil jurusan di bidang kuliner. Semua jurusan yang disebutkan dalam artikel ini tentunya terbuka bagi siapa saja dengan latar belakang apa saja. Hal yang paling penting adalah kecintaanmu pada dunia kuliner yang akan bisa berkembang seterusnya. Masih ada banyak pilihan jurusan kuliah lain yang bisa kamu otak-atik dalam proses pengambilan keputusan. Misalnya, bisnis kuliner, seni kuliner, fotografi makanan, perhotelan, dan lain-lain. Banyaklah melakukan riset ya!

Previous
Previous

5 Impressive Architectural Sites in Asia

Next
Next

7 Pilihan Karir untuk Pecinta Public Speaking