5 Tips to Make Friends

Mencari teman baru dan membangun hubungan dengan orang tersebut bisa jadi hal yang menakutkan, tapi pasti bermanfaat. Teman memegang kendali yang besar dalam hidup kita.

Seorang teman adalah orang yang menjalani hidup bersama-sama dengan kita, berbagi cerita yang menyenangkan atau menyedihkan, serta turut merasakan kegembiraan dan rasa sakit yang kita alami.

Memiliki teman membuat kita lebih menikmati hidup. Namun tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa hal tersebut bisa memperpanjang usia, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko depresi.

Photo by Chang Duong on Unsplash

Jika akhir-akhir ini kamu sedang mencari teman baru, kamu harus mengetahui jenis teman seperti apa yang kamu inginkan. Secara garis besar, ada 3 jenis teman.

  • Hi-Bye friends atau teman kenalan. Ini adalah jenis teman yang kamu temui di sekolah atau kantor di mana kamu menyapa orang tersebut ketika bertemu. Tapi hubungan yang terjalin hanya sebatas itu saja dan tidak akan bertahan lama. Ketika kamu lulus dari sekolah atau pindah ke tempat kerja yang baru, hubungan akan berakhir begitu saja.

  • Regular friends atau teman biasa. Teman sosial yang kamu temui sesekali untuk bertemu atau bergaul. Kamu biasanya akan merasa cukup nyaman untuk membicarakan topik-topik umum dengan orang tersebut.

  • True friends atau sahabat. Orang-orang yang bisa kamu ajak bicara tentang apa saja. Kamu mungkin tidak bertemu dengan sahabatmu setiap hari, tapi itu tidak masalah karena kekuatan persahabatan kalian tidak ditentukan oleh seberapa sering kalian bertemu. Hubungan kalian lebih dari itu. Sahabat adalah orang yang bisa kamu percaya untuk berada di sisimu kapan pun kamu membutuhkannya. Dia juga tidak akan keberatan untuk memberikan yang terbaik untukmu.

Terlepas dari jenis teman yang kamu cari, kamu bisa berteman dengan siapa saja. Terlepas dari kepribadianmu yang mungkin pendiam dan susah bergaul, kamu bisa mencoba untuk membangun hubungan dengan orang lain yang belum kamu kenal. Keterampilan sosial selalu bisa diasah, secara progresif, dari waktu ke waktu.

Berikut merupakan 5 tips yang bisa kamu terapkan!

1 - Ketakutanmu hanya ada di kepala

Beberapa dari kita menganggap bahwa bertemu dan berkenalan dengan orang baru adalah hal yang sangat menakutkan. Kita banyak khawatir tentang kesan pertama yang kita buat.

Isi kepala kita penuh pertanyaan tentang apakah mereka akan menyukai kita, apa yang mereka pikirkan tentang kita, dan bagaimana kita bisa terus membuat percakapan yang berlangsung terus menarik serta tidak membosankan.

Akhirnya, pertanyaan-pertanyaan itu berkembang menjadi ketakutan yang luar biasa. Tanpa sadar, kita akan terhambat untuk mendapatkan teman baru.

Sebenarnya, semua ketakutan kita hanya ada di kepala. Coba pikirkan sejenak. Orang-orang yang sedang berkenalan dengan kita terlalu sibuk memikirkan berbagai urusan pribadi yang penting bagi mereka, sehingga mereka tidak akan terlalu memperhatikan kamu.

2 - Mulailah dengan orang yang kamu kenal

Jika kamu sudah beberapa lama tidak bersosialisasi, bertemu dengan banyak orang tentu akan membuat kamu merasa terintimidasi. Namun, kamu bisa mulai dengan langkah sederhana. Cari orang-orang yang kamu kenal.

  • Jangkau teman lama. Kamu pasti punya teman kenalan dari tahun-tahun sebelumnya, kan? Kamu juga pasti punya teman yang sudah lama tidak saling kontak dari waktu ke waktu. Cobalah untuk mengirim pesan singkat dan menanyakan kabar mereka. Minta waktu untuk bertemu dan mengobrol. Jika kamu melihat ada peluang untuk bisa menjalin pertemanan kembali dengan mereka, ambil peluang itu.

  • Berkenalan dengan teman dari temanmu. Jika kamu mendapat kesempatan untuk pergi bersama dengan seorang teman dan dia membawa teman lainnya, perkenalkan dirimu. Jika kamu merasa nyaman berteman dengan teman-temanmu, kamu juga seharusnya merasa nyaman untuk berteman dengan teman-teman mereka.

  • Terima ajakan untuk pergi ke luar rumah. Ketika ada orang yang mengajakmu untuk berjalan-jalan di luar, jangan menolak. Sebaiknya kamu tidak memilih untuk berdiam diri di rumah. Hal ini bisa membuat lingkaran sosialmu terbatas. Jika kamu ingin punya lebih banyak teman, maka kamu harus lebih sering keluar rumah.

3 - Keluarlah dari rumah

Setelah kamu menghubungi teman-teman lama, saatnya kamu mencoba berkenalan dengan teman baru. Banyak cara yang bisa kamu lakukan.

  • Bergabunglah dengan komunitas. Mulai dari kelompok penulis, pengusaha, vegetarian, pencinta catur, sampai penggemar sepeda. Kamu bisa memilih komunitas yang sesuai dengan minatmu. Ini merupakan salah satu cara yang bagus untukmu bertemu dengan banyak orang.

  • Ikut lokakarya atau kursus. Melalui kegiatan tersebut, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama denganmu.

  • Menjadi sukarelawan atau volunteer. Selain memberikan bantuan kepada orang lain, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki tujuan mulia.

4 - Ambil langkah pertama

Begitu kamu sudah berada di luar rumah bersama dengan orang lain, tentu saja harus ada satu orang yang mengambil langkah pertama. Jika tidak ada pihak lain yang memulai pembicaraan, kamu harus mengambil kesempatan itu untuk mulai menanyakan kabar mereka.

Seiring dengan berlangsungnya percakapan, kamu bisa mengenali setiap orang yang ada di sekitarmu satu per satu. Bagikan hal yang menarik tentang dirimu dan jangan lupa untuk memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bercerita.

Pertanyaan-pertanyaan pemicu yang bisa kamu ajukan dalam pembicaraan misalnya sebagai berikut.

  • Bagaimana hari ini?

  • Apa yang kamu lakukan hari ini?

  • Apa yang kamu lakukan dalam satu minggu terakhir?

  • Apa yang sedang kamu kerjakan akhir-akhir ini?

  • Apa hal-hal yang kamu suka? Apa yang menjadi hobimu?

5 - Jangan menghakimi orang lain, tapi milikilah pemikiran yang terbuka

Mungkin kamu memiliki ekspektasi tentang seorang teman yang kamu inginkan. Bisa jadi orang yang ada di pikiranmu adalah mereka yang mengerti, mendengarkan, memiliki hobi dan latar belakang yang sama, menonton film yang sama, dan lain-lain.

Ketika kamu bertemu seseorang dan ternyata dia memiliki banyak perbedaan denganmu, jangan menutup diri. Berikan kesempatan untuk pertemanan itu agar bisa berkembang. Kamu tidak akan pernah berpikir bahwa nantinya kamu dan dia akan begitu dekat, terlepas dari kenyataan bahwa kalian sangat berbeda.

KESIMPULAN

Kamu bisa memiliki teman baru! Walaupun terkesan sulit dan menakutkan, menjalin pertemanan dengan orang lain yang belum kamu kenal adalah suatu hal yang bisa dicapai. Cobalah 5 tips di atas. Semoga bermanfaat!

Previous
Previous

7 Ketakutan yang Menahan Kreativitas dan Cara Mengatasinya

Next
Next

3 Mindset Changes for Life Improvement