5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Perguruan Tinggi

Mempersempit daftar perguruan tinggi yang ingin kamu hadiri bisa jadi sulit, terutama ketika saatnya tiba ketika kamu harus memilih satu saja. Selain reputasi dan prestise sekolah, sebenarnya masih banyak lagi yang masuk ke perguruan tinggi. Kamu akan tinggal di sana setidaknya selama 3 hingga 4 tahun ke depan, jadi mengapa tidak mempertimbangkan semuanya? Inilah beberapa hal yang dapat kamu pikirkan saat memilih perguruan tinggi mana yang ingin kamu tuju!

## Keamanan Kampus

Perguruan tinggi adalah pusat bagi remaja muda, jadi keamanan sangat penting. Apalagi jika kampus yang akan kamu masuki berada di kota atau bahkan negara yang belum pernah kamu kunjungi, kamu pasti ingin merasa aman di sana!

Ayo teliti dulu tindakan pencegahan dan tindakan keselamatan perguruan tinggi. Apakah bangunan khususnya asrama dapat diakses oleh umum atau hanya dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen? Sebagian besar perguruan tinggi sering memiliki departemen kepolisian sendiri, luangkan waktu untuk meneliti apa yang mereka lakukan dan sumber daya keselamatan apa yang mereka tawarkan kepada siswa (seperti tumpangan larut malam di dalam kampus, panggilan darurat, dll.)

## Lokasi: Perkotaan atau Pedesaan?

Apakah kamu ingin tinggal di kota yang ramai, atau lebih suka tinggal di tempat yang lebih tenang dan indah? Nyatanya, kuliah adalah cara yang bagus untuk bepergian dan merasakan tempat dan bahkan budaya baru! Luangkan waktu untuk mempertimbangkan lokasi kampus kamu. Apakah berada di pusat kota di jantung kota (yang biasanya berarti kampus yang lebih kecil), atau terletak di kota yang tenang yang dipenuhi mahasiswa dan alumni (yang biasanya kampusmu cukup besar)? Kamu sebaiknya memastikan kamu akan nyaman di mana kamu berada, karena lokasi perguruan tinggi juga akan menentukan situasi hidupmu untuk beberapa tahun ke depan. Ingat juga bahwa biaya hidup bervariasi di daerah perkotaan dan pedesaan.

## Cuaca

Apakah kamu suka cuaca dingin, atau lebih suka cuaca cerah sepanjang tahun? Cuaca adalah faktor lain yang harus kamu pertimbangkan saat memilih perguruan tinggi. Jika kamu merasa tidak nyaman di tempat kamu berada, hal itu dapat mengalihkan perhatianmu dari belajar dengan kemampuan terbaikmu! Misalnya, jika kamu ingin kuliah di New York University (NYU), tetapi kamu membenci hawa dingin, maka kamu harus mempertimbangkan bahwa musim dingin di New York City bisa di bawah 0 Celcius.

## Kehidupan pelajar

Kamu pasti akan melakukan lebih dari sekadar belajar di perguruan tinggi. Kamu pasti ingin terlibat dalam klub dan atletik, atau mungkin bahkan dalam kehidupan Yunani (bergabung dengan persaudaraan dan/atau perkumpulan mahasiswi). Lakukan riset dan lihat apakah hal yang ingin kamu ikuti tersedia di perguruan tinggi itu! Berikut beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Atletik

  • Sorority dan persaudaraan

  • Klub / organisasi terkait utama

  • Klub komunitas (suku, agama, dll.)

## Keberagaman

Salah satu cara termudah untuk membantu kamu merasa nyaman di tempat baru adalah dengan menemukan orang-orang seperti kamu, baik mereka yang memiliki minat yang sama, atau mereka yang memiliki latar belakang yang sama dengan kamu. Kamu dapat melakukan riset di web sekolah itu dan melihat statistik siswa yang ada di sana: dari mana asal siswa mereka? Jika etnis penting bagi kamu, lihatlah etnis mayoritas di kampus. Kamu bahkan dapat meneliti apakah rasisme menjadi masalah di sana.

Sebagai mahasiswa internasional yang menghadiri kampus perguruan tinggi, kamu mungkin ingin setidaknya menemukan komunitas orang-orang yang memiliki latar belakang budaya yang sama. Kamu dapat menemukannya di organisasi budaya di kampus, atau bahkan mencari di luar kampus. Di Amerika Serikat, misalnya, Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) ada di hampir setiap negara bagian, jadi di mana pun kamu bersekolah, kamu dapat bergabung dengan PERMIAS di negara bagian itu!

Previous
Previous

How to Set Healthy Boundaries

Next
Next

5 Tips Mengatur Meja Belajar