10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

Kamu pasti pernah mendengar orang lain mengatakan bahwa jurusan kuliah terbaik yang bisa seseorang ambil adalah yang sesuai dengan minat orang tersebut. Namun, kamu juga pasti mengerti bahwa kesukaan pada bidang studi tertentu mungkin belum bisa menopang kehidupan seseorang secara menyeluruh di masa depan.

Artikel ini menawarkan wawasan tentang 10 jurusan dalam perguruan tinggi yang memberikan jaminan lebih stabil untuk karir masa depan.

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

10 - Matematika Terapan

Kuliah matematika terapan itu lebih dari sekadar angka. Seseorang dengan jurusan kuliah ini akan memiliki keahlian memecahkan masalah yang baik. Mereka yang memilih karir di bidang matematika akan diminta untuk menganalisis masalah, menghitung risiko, dan membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan data.

Ada juga banyak cabang yang bisa dicapai lewat jurusan ini, misalnya keuangan, ekonomi, sistem, analitik data, klimatologi, dan lain-lain. Walaupun kamu mungkin harus melalui perjalanan panjang yang penuh dengan persamaan dan rumus, semuanya tidak akan sia-sia!

9 - Farmasi

Jika kamu suka sains dan kedokteran, memilih farmasi sebagai jurusan kuliah adalah langkah karir yang strategis. Di bidang ini, kamu akan berperan dalam menciptakan obat baru yang aman dan efektif.

Mengejar karir di bidang farmasi adalah hal yang bagus, mengingat tren pasar di bidang kesehatan yang tidak diimbangi dengan banyaknya lulusan kompeten. Banyak juga cabang ilmu yang lebih spesifik untuk bidang ini, seperti biokimia, biomedis, toksikologi, imunologi, kimia obat, dan lain sebagainya.

8 - Supply Chain atau Distribusi Industri

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana bisnis di kota asalmu mendapatkan bahan tekstil atau mesin dari Cina? Orang-orang yang mewujudkan hal itu adalah ahli distribusi industri.

Dalam karir ini, kamu menganalisis dan meningkatkan proses rantai pasokan (supply chain), operasi internal, dan distribusi barang. Kamu juga bisa memilih antara bekerja di sektor publik atau swasta sebagai pembeli grosir atau eceran, manajer distribusi, agen pembelian, logistik, atau manajer penjualan regional atau internasional.

This is a bright future that you could be a part of!

7 - Ilmu Keperawatan (Nursing)

Pandemi COVID-19 telah menjadi pengingat untuk kita bahwa profesional di bidang kesehatan sangatlah penting bagi masyarakat. Amerika Serikat sendiri telah kekurangan perawat dalam satu dekade terakhir, memproyeksikan bahwa 1,2 juta perawat akan dibutuhkan pada tahun 2030 karena permintaan yang meningkat. Indonesia pun juga akan mengalami hal yang sama.

Dengan ratusan ribu lowongan kerja yang tersedia setiap tahunnya, mengejar gelar ilmu keperawatan akan membantumu memperoleh jenjang karir yang optimal. Masih banyak lagi yang dapat kamu capai dengan jurusan ini, misalnya pekerjaan di administrasi keperawatan, atau penelitian keperawatan.

Satu hal pasti yang harus kalian ingat: people will always need nurses!

6 - Cybersecurity

Perusahaan menyimpan semakin banyak dokumen dan informasi penting yang harus dilindungi hari hackers atau peretas. Dilansir dari Cyber Security Statistics The Ultimate List of Stats Data, & Trends for 2022, kejahatan dunia maya meningkat 600% dalam dua tahun terakhir.

Artinya, jika kamu mengambil jurusan cybersecurity, keahlianmu akan selalu dibutuhkan. Pemerintah atau perusahaan dapat mempekerjakan kamu sebagai administrator sistem atau keamanan, analis keamanan siber, kepala petugas keamanan informasi, dan lain-lain.

5 - Teknik Perminyakan

Tidak banyak orang yang familiar dengan teknik perminyakan, tapi ini adalah salah satu disiplin ilmu teknik dengan bayaran tertinggi. Pekerjaan ini melibatkan penyelidikan berbagai cara untuk mengekstraksi gas dan minyak dari tanah.

Kamu bisa bekerja untuk instansi pemerintah atau perusahaan dari semua bidang sebagai insinyur pengeboran atau produksi. Walaupun industri sudah mulai berubah karena adanya pergeseran ke sumber energi baru, kamu tidak perlu panik.

Pekerja migas punya keahlian yang bisa dibawa ke industri baru, misalnya manajemen kendali mutu, desain dan rekayasa proses, peningkatan efisiensi, dan penjadwalan produksi.

4 - Ekonomi

Gelar ekonomi mempersiapkan kamu untuk memahami bagaimana uang, industri, dan perdagangan mempengaruhi cara dunia bekerja. Kamu akan punya keahlian yang sangat berguna, yang akan sangat penting dalam beberapa dekade mendatang. Kamu juga akan punya wawasan luas tentang bagaimana ekonomi berdampak pada keluarga, bisnis, dan pemerintah.

Ketika kamu lulus nanti, kamu akan siap untuk memulai karir sebagai analis risiko keuangan, peneliti atau konsultan ekonomi, analis data, bahkan aktuaris. Semua pekerjaan yang aku sebutkan adalah pekerjaan dengan gaji besar!

3 - Teknik Elektro

Kalau kamu ingin ‘mengubah dunia’ lewat inovasi, jadilah insinyur listrik. Kamu akan sangat dihormati dan dibayar tinggi saat menciptakan teknologi yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu akan mempelajari seluk beluk komputer dan sistem digital, sistem komunikasi, elektronik, dan konversi energi. Jalan karir yang terbuka sangatlah menjanjikan!

2 - Teknik Informasi

Saat ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke digital. Artinya, ada permintaan yang meningkat untuk profesional teknik industri. Berbeda dengan ilmu komputer, teknik informasi berfokus untuk mendukung proses bisnis melalui teknologi. Bidang ini bisa mengantarkanmu ke masa depan cerah.

Hari-harimu akan berkisar dari pemecahan masalah komputer, pengamanan informasi, hingga pembuatan database dan jaringan komunikasi. Jika kamu terus mengasah keterampilan, kamu bisa menjadi spesialis komputer, manajer proyek teknik informasi, atau administrator sistem komputer. Gaji untuk semua profesi itu sangat diharapkan banyak orang lho!

1 - Ilmu Komputer (Computer Science)

Komputer telah mengambil alih seluruh dunia. Menurutku, komputer tidak akan tergantikan dalam waktu dekat. Ini adalah kabar baik bagi setiap orang yang tertarik dengan komputer. Di posisi yang sangat terspesialisasi seperti ilmuwan komputer dan penelitian, 3.200 pekerjaan diproyeksikan dibuka setiap tahunnya hingga 2030.

Seseorang yang profesional dalam ilmu komputer dan punya pemahaman kuat tentang sistem komputer/pemrograman software dapat bekerja dalam berbagai peran. Mulai dari pengembangan aplikasi, ilmu data, dan administrasi sistem jaringan.

And the best part is… gajinya besar banget!

PENUTUP

Itulah 10 jurusan yang menurutku sangat menjanjikan di masa depan. Semoga ini bisa membantu kamu yang sedang merenung mau memilih jurusan kuliah apa. Selain minat atau ketertarikan, potensi dan stabilitas karir juga merupakan faktor yang perlu kamu pikirkan.

Find what you’re good at, become excellent at it, and pursue opportunities where those skills are in demand. - Eric Sinoway

Previous
Previous

Punya Tim itu PENTING! Kenapa?

Next
Next

Rencanakan Harimu, Prioritaskan Tugasmu!