Rencanakan Harimu, Prioritaskan Tugasmu!

Pernah gak sih kamu merasa seperti hari-harimu berjalan dengan begitu cepat? Ketika hari sudah mau berakhir, pernahkah kamu bertanya dalam hati…

💡 “Apa yang aku lakukan sepanjang hari ini?”

Artikel ini akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat perencanaan tentang hari-harimu. Ini bisa membantumu memprioritaskan tugas yang ada. Harapannya, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih produktif setiap harinya.

Photo by Elena Mozhvilo on Unsplash

Tips 1 - Tulis rencana harianmu dengan rutin

Rencanakan harimu dengan cara menulis. Ambillah sebuah kertas, post-it, atau buku catatanmu. Tuliskan rencanamu di sana. Ini adalah sebuah praktik manajemen waktu yang baik. Lakukan hal ini dengan rutin setiap hari.

Kamu cukup meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan apa prioritasmu hari itu, apakah ada tenggat waktu yang akan segera datang? Dengan begitu, kamu akan lebih mudah membuat daftar pekerjaan yang memang perlu kamu selesaikan dengan cepat.

Tips 2 - Buatlah perencanaan pada waktu yang sama setiap harinya

Dengan membuat perencanaan pada waktu yang sama setiap harinya, kamu sedang menciptakan sebuah kebiasaan baru. Nah, kebiasaan yang baik punya kekuatan untuk membantumu tetap pada jalur yang benar, walaupun di tengah prosesnya ada hambatan yang harus kamu lewati.

Kamu bisa merencanakan harimu di malam sebelum atau di pagi hari. Bebas! Pilihlah yang nyaman untukmu.

Tips 3 - Pikirkan dengan cepat tugas-tugas yang harus diselesaikan

Apa yang perlu kamu lakukan? Apa yang ingin kamu lakukan? Apa yang bisa kamu lakukan?

Pikirkan tenggat waktu yang akan datang. Pikirkan siapa yang perlu kamu hubungi atau kirim email. Pikirkan tugas apa yang harus kamu kerjakan untuk menyelesaikan hari. Pikirkan rencana kemarin yang belum tercapai, dan ingin kamu capai hari ini.

Ketika kamu melakukan hal ini, kamu memiliki kemungkinan untuk menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan olehmu. Ini akan membuatmu jauh dari kata “lupa”.

Tips 4 - Sebutkan dua hal yang HARUS dilakukan hari itu

Dari daftar tugas yang sudah ada, pilihlah dua hal yang tingkat urgensinya lebih tinggi. Ini tidak harus berupa tugas yang paling sulit atau yang paling membutuhkan banyak waktu. Tapi, mereka harus berupa dua hal paling penting yang dapat membantumu mencapai tujuan jangka panjang di hari itu.

Tips 5 - Sering melihat kembali daftar tugas yang sudah dibuat

Ini merupakan praktik manajemen waktu yang efektif, yang bisa membuatmu menjadi seseorang yang lebih terorganisir.

Kamu bisa menyimpan to-do-list yang ada di tempat yang mudah kamu lihat sepanjang hari. Bisa di handphone, di laptop, di buku catatan, atau di post-it yang tertempel di meja. Ketika kamu menyelesaikan satu tugas, kamu bisa mencentang tugas itu. Kamu pun bisa dengan mudah melihat pekerjaan lain yang sudah menjadi bagian dari perencanaanmu hari itu.

This will help you a lot.

PENUTUP

Itulah beberapa tips untuk merencanakan keseharianmu. Semoga dengan tips-tips ini, kamu bisa menjadi lebih produktif ya! Semangat dalam berjuang memenuhi tanggung jawabmu. Kamu pasti bisa!

A goal without a plan is just a wish.

Previous
Previous

10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

Next
Next

How Busy People Avoid Burnout