Tips Produktivitas Unik: Gunakan Stabilo!

Pernahkah kamu mempelajari sebuah materi atau membaca buku dengan menggunakan bantuan stabilo? Apakah kamu berharap bisa menyorot bagian-bagian penting dengan alat itu?

Kemungkinan besar, jawaban atas kedua pertanyaan di atas adalah ya. Menggunakan stabilo untuk menyorot sebuah poin bisa menjadi cara yang menyenangkan dan interaktif untuk belajar. Walaupun di sisi lain, terlalu banyak guratan warna stabilo juga bisa membuat perhatian kita teralih.

Photo by Mitchell Luo on Unsplash

Lalu, bagaimana penggunaan stabilo bisa membantu kita untuk jadi lebih produktif? Alih-alih berpikir kritis tentang apa yang kita baca, kita malah jadi pusing sendiri menentukan apakah sebuah informasi perlu distabilo atau tidak. Lalu ketika di hari depan kita kembali untuk mempelajari hal itu, kita cenderung hanya berfokus pada bagian-bagian yang terstabilo. Akhirnya, kita jadi gagal paham tentang gambaran besar dari informasi itu.

Menggunakan stabilo bukanlah metode belajar yang sepenuhnya buruk. Jika stabilo membuat kita tetap fokus saat membaca teks, maka kita tidak perlu berhenti melakukannya. Tapi jika hal itu hanya kita lakukan semata-mata untuk menjaga tangan kita “punya kerjaan”, kita tidak akan berhasil belajar dengan efektif nantinya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kita menggunakan stabilo dengan cara yang tepat supaya produktivitas meningkat.

1: Baca teks terlebih dahulu

Kita menggunakan stabilo untuk menandai apa yang menurut kita penting. Tapi jika kita tidak membaca sebuah materi secara lengkap sebelum menyorot, bagaimana kita akan tahu mana bagian yang penting dan mana yang tidak?

Saat kita menggunakan stabilo, mungkin ujung-ujungnya kita akan menandai apa saja yang kita baca atau menandai informasi yang punya sedikit relevansi dengan pembelajaran. Jadi, alangkah baiknya jika kita membaca teks sepenuhnya terlebih dahulu tanpa menandai atau membuat catatan apapun. Kemudian, pada pembacaan kedua, ambil stabilo kesukaan dan tandai yang penting!

2: Tetaplah menulis catatan

Menandai bagian penting di buku teks mungkin terlihat seperti sebuah alternatif yang lebih mudah dibandingkan dengan membuat catatan. Tapi sebenarnya, tidak. Ketika kita mencatat, kita memproses informasi yang baru saja kita baca karena kita harus menulis catatan dengan kata-kata kita sendiri. Kita juga mungkin akan menghubungkan beberapa poin yang sudah kita pelajari sebelumnya. Dengan begitu, menulis catatan sendiri bisa membantu kita mengingat informasi dengan lebih baik karena kita secara aktif memikirkan apa yang kita baca. Di sisi lain, menandai informasi dengan stabilo adalah aktivitas yang jauh lebih pasif.

Apa kesimpulannya? Lebih baik menandai catatan kita sendiri daripada menandai buku teks secara mentah-mentah.

3: Gunakan beberapa stabilo sekaligus

Jika kita punya alasan berbeda mengapa kita menandai kata atau bagian tertentu, maka kita harus menandai dengan lebih dari satu warna. Kode warna stabilo kita akan membuat catatan lebih mudah dibaca. Namun, kita harus memastikan untuk memilih warna yang mudah dibaca dan cukup berbeda satu sama lain. Contoh:

  • Kuning untuk definisi

  • Hijau untuk poin kata kunci

  • Biru untuk contoh

Atau, kita bisa menggunakan warna stabilo yang sama untuk mencari koneksi antara beberapa poin tertentu, juga untuk mengkategorikan poin-poin itu. Contoh:

  • Acara yang berlangsung di lokasi tertentu

  • Acara yang berlangsung di waktu tertentu

  • Karakter, ide, objek, atau tema suatu topik

Bagaimanapun kita memilih untuk menggunakan stabilo, kita harus punya sistem. Sistem ini tidak harus masuk akal bagi orang lain, tapi harus masuk akal untuk kita sendiri. Ingat, stabilo akan membantu kita belajar dengan lebih baik dan efisien.

4: Gunakan stabilo dengan banyak cara

Jika kita tidak memiliki banyak warna, kita bisa mencoba untuk menandai materi dengan cara yang berbeda-beda. Ini bisa terlihat seperti menggarisbawahi kalimat, membuat kotak di sekitar kata kunci, dan lain sebagainya. Apa yang kita pilih, pastikan untuk menentukan arti dari setiap gaya yang ada.

Poin penting lainnya

  • Menandai poin penting dengan stabilo, jika dilakukan dengan benar, bisa menjadi metode belajar yang bagus karena membantu seseorang berpikir kritis melalui kategori informasi dan keterhubungan antar poin.

  • Menggunakan stabilo efektif untuk beberapa pelajaran tertentu, seperti bahasa atau sejarah. Tapi tidak untuk kimia atau kalkulus.

  • Walaupun sedang membaca teks online dalam bentuk PDF, dokumen tetap bisa ditandai dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader.

Beberapa rekomendasi stabilo

  • Pilot FriXion Light Erasable Highlighters

  • Tombow Kei Coat Double-Sided Highlighters

  • Stabilo Boss Highlighters

  • Zebra Midliner Double-Sided Highlighter

  • Uni Propus Window Highlighters

Previous
Previous

Teknik Membaca “Skimming” vs. “Scanning”

Next
Next

Bagaimana Caramu Menunjukkan Kasih Sayang? Ini 5 Jenis Bahasa Cinta!