7 Ways to Stay Productive on School Holidays

Liburan sekolah sudah ada di depan mata. Masa-masa yang paling diharapkan semua murid sekolah atau mahasiswa, termasuk kamu salah satunya. Apakah kamu sudah membuat perencanaan tentang bagaimana kamu akan menghabiskan liburan ini?

Photo by Chang Duong on Unsplash

Kamu mungkin akan berjalan-jalan ke luar kota bersama keluarga, bertemu teman di kedai kopi hits, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kamu akan memiliki banyak sekali waktu bersantai.

Walaupun demikian, kamu harus tetap bisa menggunakan waktu-waktu tersebut sebagai peluang untuk menjadi seseorang yang lebih baik setiap harinya. Jangan sampai masa liburan sekolah malah menjadi alasanmu untuk bermalas-malasan.

Bersantai dan bermalas-malasan adalah dua hal yang berbeda!

Jangan tertekan. Menjadi produktif selama liburan bukan berarti melakukan sesuatu yang membosankan atau melelahkan.

Jika kamu merasa sulit untuk memanfaatkan waktu libur dengan baik, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif selama liburan sekolah dan memulai semester mendatang dengan semangat.

1 - Atur waktu dengan bijaksana, bukan dengan ketat

Ada kesalahpahaman bahwa menyisihkan waktu untuk hal-hal penting dan produktif berarti membuang waktu untuk kegiatan menyenangkan yang sudah lama ditunggu-tunggu. Padahal, kita sepakat bahwa itu bukan kenyataan.

Coba ganti caramu berbicara pada diri sendiri. Alih-alih mengatakan “Sepanjang liburan ini, aku akan sibuk selama X waktu untuk menyelesaikan tugas A, B, dan C.”, kamu bisa mengatakan “Aku akan menginvestasikan sebagian waktu liburanku untuk mengerjakan tugas A, B, dan C.”

Meskipun bagimu hal tersebut tampak kecil dan tidak penting, itu akan membuat perbedaan. Percayalah!

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Lebih lanjut lagi, ketika kamu merencanakan bagaimana mengatur waktu liburan, kamu mungkin ingin memiliki daftar prioritas sekaligus beristirahat dan mengisi ulang baterai diri supaya bisa menyambut semester depan dengan bensin baru.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih untuk melakukan hanya beberapa kegiatan ‘penting’ dan ‘produktif’. Sisa waktu yang kamu miliki bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang sifatnya lebih santai. Be realistic!

2 - Jangan lupakan waktu dan kualitas tidur

Tidur memang terdengar seperti akal sehat, tapi kenyataannya banyak orang yang mengabaikan hal ini selama masa liburan. Jadi, aku akan mengingatkanmu untuk tidur.

“Bagaimana aku bisa menjadi orang yang produktif selama liburan kalau aku tidur, tidur, dan tidur?”

Di sini, aku tidak sedang berbicara tentang menghabiskan seluruh liburan di bawah selimut atau melakukan hibernasi ala beruang. Inti yang ingin aku sampaikan adalah untuk menghormati tubuhmu dan membiarkannya beristirahat saat dibutuhkan.

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Kamu pasti sudah sering mendengar atau membaca bahwa orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur per malam agar bisa berfungsi dengan baik. Namun, kebanyakan orang cenderung tidur 6 jam atau bahkan kurang. Akhirnya, produktivitas pun terpengaruh.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak melakukan binge watching drama Korea atau film Netflix! Kamu tetap membutuhkan energi yang baik untuk bisa bersenang-senang selama liburan.

3 - Makan makanan dengan gizi seimbang

Ini bukan berarti kamu tidak boleh makan makanan hiburan. Tentu saja kamu boleh menikmatinya, karena kamu layak mendapatkannya! Namun, pastikan kamu makan makanan dengan gizi seimbang.

Makanan dapat meningkatkan produktivitas. Ini serius! Selain itu, makanan bergizi memiliki rasa yang enak sehingga kamu tidak perlu khawatir. Berikut merupakan beberapa contoh makanan bergizi yang bisa kamu pilih.

  • Alpukat, sebagai sumber energi yang akan membantu memori otak bekerja dengan lebih optimal. Buah ini juga bisa menurunkan risiko depresi.

  • Buah beri. Buah-buahan ini membantumu berpikir kritis, belajar dalam kondisi otak yang aktif, dan menyimpan informasi dalam memori dengan lebih baik.

  • Pisang, sebagai penambah energi. Pisang juga membantu meningkatkan kreativitas dan fokus.

  • Wortel. Jika dimasak, dipanggang, dihancurkan (mashed), dijus, atau dikonsumsi dalam keadaan mentah, wortel bisa meningkatkan daya ingat, sistem kekebalatan tubuh, serta kesehatan fisik dan mental.

  • Cokelat hitam. Makanan ini ampuh dalam menurunkan stres dan kecemasan.

  • Telur, sangat bagus untuk mata. Selain itu, kandungan protein yang tinggi akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

  • Kacang-kacangan yang mampu meningkatkan metabolisme, melindungi sel-sel otak, dan memuaskan rasa lapar.

  • Bayam. Daun hijau ini mampu mengurasi rasa stres dan cemas, serta meningkatkan fokus dan sistem kekebalan tubuh.

Photo by Heather Ford on Unsplash

Pilihan makanan di atas bisa kamu olah dengan kreatif. Kamu tidak akan merasa bosan!

4 - Luangkan waktu untuk refleksi diri

Sisihkan waktu untuk duduk sendiri dan menjelajahi diri. Pahami apa yang telah terjadi di semester lalu, serta tujuan apa yang ingin kamu kejar untuk semester berikutnya.

Kamu bisa memikirkan pencapaianmu, kegagalanmu, hal-hal yang telah kamu pelajari, target yang ingin kamu capai, atau situasi yang berkesan untukmu. Walaupun refleksi diri bisa menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian orang, itu akan menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan sektika kamu melihat kembali ke masa lalu. Itu adalah bukti bahwa kamu punya karakter dan pola pikir untuk selalu berkembang menjadi lebih baik.

Photo by Grant Ritchie on Unsplash

Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa kamu tidak perlu buru-buru. Merenungkan apa yang terjadi selama beberapa waktu terakhir terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

5 - Tetaplah menjadi orang yang bertanggung jawab

Selama liburan sekolah, kita cenderung santai dan ingin beristirahat. Bahkan jika kita mengatakan bahwa kita akan melakukan sesuatu, kita seringkali menunda-nunda dan memaafkan diri sendiri akan hal itu.

Masalahnya adalah itu bisa menjadi kebiasaan ketika kita terus menerus melakukannya. Oleh karena itu, ketika kamu sudah berjanji pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu, kamu harus bertanggung jawab menepatinya.

Photo by Womanizer Toys on Unsplash

Jika kamu ingin menjadi lebih aktif secara fisik, mulailah rutinitas jogging pagi atau jalan sore dengan anjing kesayanganmu. Jika kamu ingin menjalin hubungan yang lebih erat dengan keluarga, telepon ayah dan ibumu paling tidak dua kali dalam seminggu.

Namun, meminta pertanggungjawaban diri sendiri bukan berarti kamu harus melakukan semua hal sendiri. Kamu bisa melibatkan orang lain untuk menemanimu dalam menjalankan rencana. Kamu bisa memilih metode apapun, selama metode itu bisa menjaga dirimu tetap pada jalur yang seharusnya.

6 - Olahraga jika memungkinkan

Berolahraga adalah cara yang baik untuk tetap berada di jalur yang benar selama liburan, terutama dalam hal meningkatkan produktivitas. Olahraga punya banyak dampak positif bagi tubuh manusia, seperti meningkatkan energi, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan memperbaiki fokus.

Photo by sporlab on Unsplash

Aku tahu bahwa kamu tidak ingin mendedikasikan banyak waktu liburanmu untuk berolahraga. Namun, ingatlah bahwa hanya beberapa jam dalam seminggu sudah jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Banyak pilihan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin selama liburan. Mulai dari lari pagi, yoga, berenang, sampai bermain voli atau sepak bola. Pertanyaannya, mana yang paling kamu suka?

7 - Lakukan hal-hal yang disukai

Ini liburan. Kamu harus menikmatinya dan memberikan hadiah kepada diri sendiri. Kamu telah bekerja keras selama satu semester yang lalu.

Terkadang kita punya keinginan tinggi untuk menjadi produktif, tapi kita juga harus memperbolehkan diri kita duduk diam dan menikmati momen. Apa sih hal-hal yang bisa membuatmu memanjakan diri?

Mendengarkan musik. Membaca buku. Menonton film. Menari. Melukis. Jalan-jalan dengan teman. Berjalan-jalan mengelilingi kompleks. Kamu bisa melakukan apa saja yang kamu suka!

Photo by Eric Nopanen on Unsplash

Sangatlah penting untuk menyisihkan waktu dan membiarkan otakmu beristirahat. Temukan caramu sendiri untuk mengisi ulang energi selama liburan sekolah.

Taking time to rest, renew, and refresh yourself isn’t wasted time. Recharge! Choose what energizes you. - Melody Beattle

PENUTUP

Selamat menikmati masa liburanmu, selagi menggunakan waktu yang tersedia untuk mengerjakan hal-hal yang belum sempat kamu lakukan sepanjang semester lalu. Kamu bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dan menjadikan masa liburan berharga.

Jangan stres karena merasa perlu melakukan semua hal yang dituliskan dalam artikel ini. Pilihlah yang bisa kamu lakukan dan lakukan dengan sebaik-baiknya. Selamat bersenang-senang, selamat produktif!

Previous
Previous

“Tell Me About Yourself” — How to nail this question in an interview

Next
Next

5 Playlist Musik yang Bikin Kamu Produktif!