Cara Mendapatkan Beasiswa 12 Milyar

Hello friends, jadi hari ini aku akan membagikan 4 tips supaya kalian juga bisa mendapatkan beasiswa hingga 12 Milyar Rupiah dari kampus-kampus ternama seperti, Harvard, MIT, Columbia, UCLA, dll.

TIPS #1

JANGAN MEMINTA-MINTA BEASISWA, TAPI TAWARKAN VALUE APA YANG BISA KAMU BERIKAN?

Banyak orang sering salah kaprah dalam proses pendaftaran beasiswa. Banyak orang merasa bahwa ketika mereka mendaftar beasiswa, cara terbaik adalah dengan menunjukan kebutuhan mereka dan meminta-minta beasiswa.

Banyak orang tidak suka diminta-mintai bantuan, demikian juga pemberi beasiswa. Lalu apa yang perlu temen-temen lakukan?

TUNJUKAN VALUE kamu! BUKTIKAN kenapa KAMULAH yang BERHAK mendapatkan beasiswa tersebut.

Contoh = daripada kamu bilang ‘Pak tolong berikanlah beasiswa karena saya butuh uang.’ lebih baik kalian bisa berkata ‘Pak, saya memiliki background dalam bidang biologi molekular dan saya sangat yakin dengan kemampuan saya saat ini saya akan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.’ dengan value kalian itu, tentunya pemberi beasiswa akan lebih senang untuk memberikan beasiswa itu kepada kamu daripada memberikan kepada orang yang hanya ‘meminta-minta’ beasiswa.

TIPS #2

GO ABOVE AND BEYOND

Ketika kita mau mendaftarkan beasiswa kita harus berada satu langkah di depan orang lain.

Maksudnya bagaimana? Ketika sebuah formulir beasiswa meminta kita untuk menuliskan 2-5 prestasi kita, maka banyak orang akan menuliskan 2 prestasi mereka, banyak juga orang yang akan menuliskan 3 dan 4 prestasi; namun lebih sedikit orang yang akan menuliskan 5 prestasi mereka.

Jadi jika kamu bisa tuliskan 5 kenapa tuliskan 3? Berikanlah sesuatu yang lebih sehingga kamu menjadi orang yang berbeda (dalam konteks yang positif tentunya ;) )!

Remember this,

‘BE DIFFERENT IN A POSITIVE WAY’

TIPS #3

DAFTAR KE BANYAK BEASISWA

Kalau temen-temen berpikir kesempatan kamu mendapatkan beasiswa itu kecil karena banyak yang mendaftar. Kalian mau tahu rahasia ga? Sebetulnya orang lain pun juga memikirkan hal yang sama. Dan kemungkinan kebanyakan dari orang lain pun TIDAK MENDAFTAR karena TAKUT tidak dapat beasiswa.

Jadi saran aku coba daftar saja. 

You’ll never know what’s gonna happen if you don’t try, right?

Ingat,

‘KETIKA KAMU MENDAFTAR BANYAK BEASISWA, KESEMPATAN UNTUK MENDAPATKAN 1 BEASISWA ITU JAUH LEBIH BESAR

TIPS #4

‘DO NOT FOCUS ON THE NOUN, BUT DO THE VERB’ - by Austin Kleon

Noun = Kata Benda

Verb = Kata Kerja

Kebanyakan orang fokus terhadap ‘NOUN’ atau ‘Kata Benda’ hal-hal fisik yang orang inginkan, seperti, kekayaan, ketenaran, dan beasiswa. Tapi mereka lupa untuk melakukan ‘VERB’ atau lupa ‘ACTION’

Misal menginginkan untuk mendapatkan beasiswa tapi mereka tidak berusaha mendapatkan beasiswa, pasti mereka juga tidak akan dapat beasisswa

Kalau teman-teman coba mendaftar sebuah beasiswa setidaknya kamu jadi punya KESEMPATAN untuk mendapatkan beasiswa. Tapi jika kamu tidak mendaftar, aku Jamin 10000000% pasti kamu TIDAK AKAN MENDAPATKAN BEASISWA

Berikut 4 tips beasiswa dari aku, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Silakan cek artikel-artikel lain mengenai dalam website ini untuk mengetahui tips-tips belajar, beasiswa, dan perjalanan studi di luar negeri aku.

Stay safe and well.

Have a beautiful day my friend!

P.S.

Previous
Previous

Top 5: Architectural Buildings in the United States