5 Arsitektur Mengesankan di Asia: Salah Satunya dari Indonesia!

Pernahkah kamu merasa penasaran tentang situs-situs mengesankan yang ada di Asia? Yuk simak artikel ini. Kamu akan menemukan 5 situs arsitektur yang keren dan mungkin akan kamu tambahkan ke daftar tempat yang ingin kamu kunjungi.

1. The Tiger’s Nest Monastery atau Biara Sarang Harimau

Photo by Arian Zwegers (CC BY 2.0)

Situs ini secara lokal dikenal sebagai Taktshang Goemba atau Paro Taktsang. Biara Sarang Harimau merupakan salah satu situs paling suci di Bhutan. Selain karena kepentingan religiusnya, salah satu hal yang paling mengesankan dari biara ini adalah letak keberadaannya atau lokasinya.

Biara Sarang Harimau dibangun di tepi tebing dan berdiri sekitar 900 meter dari tanah di Bhutan Barat. Artinya, bangunan ini hanya dapat diakses dengan mendaki selama dua jam! Selain itu, biara juga dibangun di sekitar goa tempat Guru Rinpoche tinggal dan bermeditasi selama 3 tahun, 3 bulan, 3 hari, dan 3 jam. Hal itu membuat Guru Rinpoche dikatakan mampu mengalahkan iblis jahat yang tinggal di dalam goa selama abad ke-8. Mistis!

Dibangun tahun 1962

Berlokasi di Bhutan

2. Golden Temple atau Kuil Emas

Photo by Arian Zwegers (CC BY 2.0)

Kebanyakan orang akan berpikir tentang Taj Mahal ketika mengunjungi India. Tapi, tahukan kamu bahwa Golden Temple atau Kuil Emas, yang juga disebut sebagai Harmandir Sahib, dianggap sebagai tempat paling suci dari semua kuil yang ada? Ini adalah situs ziarah paling penting bagi Sikh, loh! Sikh adalah pengikut Sikhisme: agama panenteistik yang berasal dari abad ke-15 di kawasan Punjab di anak benua India bagian barat laut.

Situs ini disebut sebagai Kuil Emas karena kuil tersebut dilapisi dengan kertas emas selama pembangunannya ketika masa pemerintahan Maharaja Ranjit Signh bangkit kembali, walaupun sebenarnya situs ini dibangun dengan marmer dan tembaga. Ini pertama kali dibangun pada1604, tapi mengalami kerusakan dan pencurian sepanjang sejarah.

Dibangun tahun 1604

Berlokasi di Amritsar, Negara Bagian Punjab

3. Borobudur

Photo by Gilbert Sopakuwa (CC BY-NC-ND 2.0)

Borobudur adalah bangunan Buddha terbesar di dunia. Situs ini menampung sekitar 2.700 struktur relief dan 504 patung Buddha. Borobudur merupakan lokasi wisata yang populer, yang menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang begitu indah. Situs ini membutuhkan waktu sekitar 75 tahun untuk dibangun, dan telah serta masih menjalani banyak proyek restorasi.

Tidak hanya itu, situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan perpaduan gaya dan arsitektur Jawa dari dinasti Gupta. Ini adalah cerminan estetika asli dan India yang lazim di Jawa kuno.

Dibangun tahun 750M

Berlokasi di Indonesia

4. Istana Himeji

Photo by mzagerp (CC BY-NC-ND 2.0)

Istana Himeji bukan hanya kastil yang paling banyak dikunjungi di seluruh bagian Jepang, tapi juga merupakan istana terbesar di negara ini. Situs ini terdiri dari 83 bangunan. Percaya atau tidak, istana ini tidak pernah mengalami kerusakan sepanjang sejarah, baik dari alam maupun manusia. Wah, menarik!

Istana ini terlindungi dengan sangat baik, terletak di lokasi yang tinggi dan dikelilingi oleh tiga parit. Banyak juga jalan di sekitarnya yang buntu. Ini membuat para arsitek memiliki impian untuk mempelajari persilangan desain arsitektur dan taktik perang serta strategi pertahanan sebuah negara.

Dibangun tahun 1333

Berlokasi di Jepang

5. Lotus Temple atau Kuil Teratai

Photo by Jay Galvin (CC BY 2.0)

Kuil Teratai, terletak di New Delhi, adalah rumah ibadah agama Bahā’ī. Situs ini dirancang oleh arsitek Iran bernama Fariborz Sahba dan telah menerima beberapa penghargaan atas desainnya. Selaras dengan kepercayaan Bahā’ī lainnya bahwa angka sembilan adalah suci dan memiliki sifat mistis, candi ini memiliki sembilan sisi. Ada dua puluh tujuh kelopak marmer candi yang dikelompokkan menjadi tiga bagian untuk menghasilkan sembilan sisi yang unik itu. Kesembilan sisi tersebut juga merupakan pintu masuk yang mengarah ke ruang tengah di dalamnya.

Dibangun tahun 1986

Berlokasi di New Delhi

Previous
Previous

Bagaimana Caramu Menunjukkan Kasih Sayang? Ini 5 Jenis Bahasa Cinta!

Next
Next

5 Impressive Architectural Sites in Asia